Kamis 18 Jan 2018 12:18 WIB

Meksiko Minta Ekstradisi Mantan Gubernur Chihuahua

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Budi Raharjo
Arah perbatasan Amerika menuju Meksiko
Foto: VOA
Arah perbatasan Amerika menuju Meksiko

REPUBLIKA.CO.ID,MEKSIKO -- Pemerintah federal Meksiko akan mengajukan permintaan ekstradisi kepada mantan gubernur Chihuahua. Mantan Gubernur tersebut dituduh telah mengalihkan dana publik selama berkuasa.

Cesar Duarte adalah mantan gubernur negara bagian Chihuahua di perbatasan utara. Saat ini ia diyakini sedang berada di Amerika Serikat.

Gubernur oposisi negara bagian yang baru menuduh Duarte mengalihkan uang publik ke kampanye pemilihan Fraksi Internasional (PRI) di tahun 2019 seperti yang diberitakan oleh ABC News.

Jaksa agung Alberto Elias Beltran mengatakan pada hari Rabu bahwa tiga permintaan ekstradisi akan diajukan minggu ini. Diantaranya dua tuntutan negara dan satu lagi terkait dengan pelanggaran undang-undang pemilihan federal.

Duarte sendiri adalah salah satu dari beberapa mantan gubernur partai Presiden Enrique Pena Nieto yang menghadapi tuduhan korupsi. Dirinya menjabat pada tahun 2010-2016 dan kemudian digantikan oleh Javier Corral anggota oposisi Partai Aksi Nasional yang sangat konservatif.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement