Sabtu 20 Jan 2018 04:07 WIB

Trump Gelar Pesta Setahun Memerintah, Tiket 100 Ribu Dolar

Pemerintahan Trump dinilai yang terburuk.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Teguh Firmansyah
Donald Trump
Foto: AP
Donald Trump

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump akan tetap menjadi tuan rumah dalam pesta perayaan tahun pertamanya menjadi presiden di perkebunan pribadinya, di Florida pada Sabtu, (20/1).

Untuk bisa mengikuti perayaan tersebut, Trump mematok tiket senilai 100 ribu dollar per pasangan.  Pesta digelar di tengah aksi demo dan protes atas debut kepemimpinannya satu tahun belakangan.

Trump diperkirakan akan mengunjungi Mar-a-Largo untuk ke-12 kalinya sejak pelantikan.  Seperti dilansir dari The Guardian, selama satu tahun menjabat sebagai presiden AS, Trump mengklaim  ekonomi semakin kuat dengan pasar saham berada pada rekor tinggi dan pengangguran di level terendah 17 tahun terakhir.

Lalu, dia pun menyatakan berhasil menghancurkan ISIS dan menggulirkan kembali ratusan peraturan federal. Selain itu, Trump juga mengklaim bahwa dia memenuhi janjinya untuk membuat Amerika hebat lagi.

Berbanding terbalik, tim oposisi berpendapat bahwa selama satu tahun ini Trump mengobarkan api supremasi kulit putih yang membuat dunia berisiko mengalami perubahan iklim dan perang nuklir. Dalam beberapa kasus, tim oposisi juga menilai Trump cenderung otoriter.
 
"Pemerintahan ini adalah yang terburuk yang pernah kita lihat untuk wanita dan keluarga. Serangannya terhadap kebebasan reproduksi tanpa henti dan tidak didukung oleh mayoritas orang Amerika. Kehadirannya di pawai ini merupakan perpanjangan dari agenda yang tidak populer yang sama, dan obsesinya terhadap wanita yang merendahkan," ungkap Kaylie Hanson Long dari Naral Pro-Choice America, sebuah kelompok advokasi di AS.
 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement