Ahad 21 Jan 2018 12:19 WIB

Insiden Mematikan Helikopter Tempur Angkatan Darat AS Jatuh

Helikopter Apache jatuh ketika tengah melakukan rotasi latihan.

Rep: Kamran Dikarma/ Red: Nur Aini
Helikopter AS. Ilustrasi.
Foto: guncopter.com
Helikopter AS. Ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, KALIFORNIA -- Sebuah helikopter tempur Apache milik Angkatan Darat AS jatuh di Kalifornia pada Sabtu (20/1) pagi waktu setempat. Insiden tersebut menyebabkan dua prajurit AS tewas.

"Investigasi terus berlanjut dalam kecelakaan helikopter Apache AH-64 di Pusat Pelatihan Nasional yang luas di Fort Irwin di Kalifornia selatan," ungkap juru bicara Angakatan Darat AS Letnan Kolonel Jason Brown dalam sebuah pernyataan.

Juru bicara Angkatan Darat AS lainnya, yakni Brandy Gill, mengatakan, helikopter Apache jatuh ketika tengah melakukan rotasi latihan. Pilot dan co-pilot helikopter seketika tewas di tempat kejadian. Namun Angkatan Darat AS belum merilis identitas keduanya.

Helikopter Apache AH-64 merupakan produk milik Boeing. Helikopter ini dirakit dan diproduksi di Arizona. Boeing diketahui telah menandatangani kontrak lima tahun senilai 3,4 miliar dolar AS untuk memproduksi helikopter Apache AH-64 untuk Angkatan Darat AS.

Situs Boeing menunjukkan sekitar 2.200 unit helikopterApache AH-64 telah terjual secara global sejak Angkatan Darat AS melakukan pengiriman pertama pada Januari 1984. Adapun negara-negara yang telah membeli helikopter ini antara lain Mesir, Yunani, India, Israel, Jepang, Indonesia, Korea Selatan, Kuwait, Belanda, Qatar, Arab Saudi, Singapura, Uni Emirat Arab, dan Inggris.

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement