Kamis 22 Feb 2018 14:24 WIB

Trump: Guru Dipersenjatai Cegah Pembantaian

Jika Anda memiliki guru, siapa yang mahir menggunakan senjata api?

Rep: Crystal Liestia Purnama/ Red: Budi Raharjo
Tersangka penembak sekolah Marjory Stoneman Douglas High School Nikolas Cruz di persidangan di Fort Lauderdale,Florida, Senin (19/2).
Foto: Mike Stocker/South Florida Sun-Sentinel via AP
Tersangka penembak sekolah Marjory Stoneman Douglas High School Nikolas Cruz di persidangan di Fort Lauderdale,Florida, Senin (19/2).

REPUBLIKA.CO.ID,WASHINGTON -- Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump mengatakan pada Rabu (21/2) waktu setempat bahwa dia menyarankan agar para guru dipersenjatai. Menurutnya, langkah tersebut dapat membantu mencegah terjadinya pembantaian di sekolah seperti yang terjadi di Florida pekan lalu.

Trump menyuarakan dukungan untuk tersebut selama pertemuan dengan siswa yang selamat dan orang tua siswa yang tewas dari insiden penembakan di sekolah mereka di Florida. Pertemuan yang emosional itu dilakukan di Gedung Putih.

"Jika Anda memiliki guru, siapa yang mahir menggunakan senjata api, ini bisa menghentikan serangan dengan sangat cepat," kata Trump yang juga mengakui gagasannya tersebut akan menjadi kontroversial.

Pertemuan itu berlangsung di Ruang Makan Negara Gedung Putih dengan pola setengah lingkaran. Trump duduk di tengah sambil mendengarkan para siswa menangis memohon ada perubahan. Dia berjanji untuk mengambil langkah untuk memperbaiki pemeriksaan latar belakang dari pembelian senjata oleh pelaku.

Pertemuan tersebut melibatkan enam siswa dari Marjory Stoneman Douglas High school, di Parkland, Florida. Di sekolah itulah pembantaian yang menewaskan 17 siswa dan pengajar terjadi. Insiden penembakan pada 14 Februari itu dilakukan oleh seorang pria bersenjata dengan senapan serbu semi-otomatis AR-15. Ini adalah insiden penembakan di sekolah paling mematikan di AS.

"Saya tidak mengerti mengapa saya masih bisa pergi ke toko dan membeli senjata perang, AR," kata Sam Zeif, 18, terisak-isak setelah dia menceritakan tentang anggota keluarganya saat penembakan di Florida. "Jangan pernah biarkan ini terjadi lagi."

"Itu adalah satu kasus penembakan di sekolah, dan kita harus mengatasinya. Saya kesal - karena putri saya, saya tidak akan melihatnya lagi," kata Andrew Pollack, ayah dari Meadow Pollack (18 tahun), salah satu korban tewas dalam insiden tersebut.

Trump mengatakan, pemerintahannya akan menekankan pemeriksaan latar belakang dan kesehatan mental dalam upaya membuat sekolah lebih aman."Kami akan sangat kuat dalam pemeriksaan latar belakangnya, kami melakukan pemeriksaan latar belakang yang sangat kuat, penekanan yang sangat kuat pada kesehatan mental, "kata Trump. "Itu tidak akan terjadi seperti sebelumnya," kata Trump.

Dukungan Trump untuk pengetatan undang-undang senjata akan menandai sebuah perubahan bagi partai pendukungnya, partai Republik. Gagasan itu didukung oleh kelompok hak asasi senjata Seniman Nasional selama kampanye presiden 2016.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement