Kamis 22 Mar 2018 10:57 WIB

Sekjen PBB Bahas Krisis Suriah dengan Putin

Sekjen PBB mengucapkan selamat atas kemenangan Putin dalam pemilihan presiden.

Rep: Kamran Dikarma/ Red: Nur Aini
Sekjen PBB Antonio Guterres.
Foto: EPA
Sekjen PBB Antonio Guterres.

REPUBLIKA.CO.ID, MOSKOW -- Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres mengucapkan selamat kepada Vladimir Putin atas kemenangannya dalam pemilihan presiden Rusia. Dengan kemenangan tersebut, Putin menjabat sebagai presiden untuk yang keempat kalinya.

Dalam sebuah pernyataan yang dirilis layanan pers Kremlin pada Rabu (21/3), Guterres tidak hanya memberi ucapan selamat. Ia dan Putin juga sempat membahas sejumlah isu internasional, salah satunya terkait krisis di Suriah.

Ketika membahas situasi di Suriah, mereka menekankan pentingnya peran koordinasi PBB dalam memulihkan perdamaian dan mencapai solusi politik di negara tersebut. Rusia menyatakan siap untuk terus membantu proses Jenewa yang dimediasi PBB, kata layanan pers Kremlin, dikutip laman kantor berita Rusia TASS.

Dalam kesempatan tersebut, Guterres pun mengapresiasi peran serta kontribusi Rusia dalam menjaga keamanan dan stabilitas global. Menurut Kremlin, Guterres telah diundang untuk berkunjung ke Rusia. Undangan tersebut telah dikonfirmasi oleh PBB.

Vladimir Putin kembali memenangkan pemilihan presiden dan menduduki jabatan keempatnya. Dari total suara 99,84 persen, Putin memenangkan 76,6 persen.

Dia unggul hampir 65 persen dari lawan terdekatnya, Pavel Grudinin dari Partai Komunis. Angka yang dia dapat itu juga memperbaiki kemenangan sebelumnya pada 2012 yang naik sebesar 13 persen.

Baca juga: Perang Kata-Kata Perburuk Hubungan Inggris dan Rusia

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement