Kamis 19 Apr 2018 15:04 WIB

Senat AS Izinkan Membawa Bayi Selama Persidangan

Ini dilakukan untuk mengakomodasi para senator yang memiliki bayi

Rep: Marniati/ Red: Nidia Zuraya
Senat Amerika
Foto: islamtimes.org
Senat Amerika

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON DC -- Senat Amerika Serikat (AS) melakukan perubahan aturan yang memungkinkan bayi untuk dapat dibawa selama persidangan. Dilansir CNN, Kamis (18/4), senat memutuskan untuk mengubah aturan lama pada Rabu (18/4) malam. Ini merupakan sebuah langkah yang jarang terjadi dan merupakan keputusan pertama kalinya.

Perubahan aturan, dipilih melalui persetujuan bulat. Ini dilakukan untuk mengakomodasi para senator yang memiliki bayi agar dapat membawa anak mereka selama persidangan. Mereka juga diizinkan untuk menyusui bayi dalam sesi tersebut.

Senator Illinois Tammy Duckworth, yang melahirkan anak keduanya bulan ini menjadi Senator AS pertama yang menerapkan peraturan ini. Ia mempelopori perubahan aturan dan memuji rekan-rekan anggota parlemennya yang membantu membawa Senat sesuai dengan perkembangan abad ke-21.

"Dengan memastikan bahwa tidak ada Senator yang dicegah dari melakukan tanggung jawab konstitusional hanya karena mereka memiliki seorang anak. Senat memberiakan contoh dan mengirim pesan penting bahwa orang tua yang bekerja berhak diberi kebijakan yang ramah," kata Duckworth dalam sebuah pernyataan setelah pemungutan suara.

Sebelum peraturan baru ini diberlakukan, Duckworth mengaku prihatin tentang aturan Senat yang rumit dan ketat. Menurutnya, ini akan memengaruhi kemampuannya dalam bekerja sekaligus merawat bayinya yang baru lahir.

"Sebelumnya ada banyak aturan Senat yang membuat pemungutan suara menjadi sulit bagi seorang senator yang memiliki bayi. Mereka tidak dapat menyerahkan bayinya kepada seorang staf dan tidak dapat memilih dengan diwakilkan," katanya.

Duckworth telah berusaha selama berbulan-bulan untuk mengubah aturan yang tidak pernah berubah selama beberapa waktu. Terakhir kali Senat memberikan hak tambahan pada 1977. Saat itu Senat mengubah aturan dengan mengizinkan anjing penjaga memasuki gedung.

Para pembantu Kongres mengatakan kepada CNN bahwa banyak senator yang menyatakan kekhawatirannya tentang aturan baru ini.

Senator Amy Klobuchar, seorang Demokrat Minnesota, mengatakan para senator menyampaikan berbagai pandangan terkait hal ini. Mulai dari penggunaan popok hingga cara berpakaian bayi selama di gedung Senat.

"Ini adalah perjalanan yang cukup panjang. Senat penuh tradisi dan sama seperti daerah lain di negara ini, kadang-kadang hal-hal harus berubah," katanya.

Sementara itu, Senator Dick Durbin mengatakan perubahan aturan ini akan mengejutkan para senator. "Mungkin tangisan bayi akan mengejutkan Senat beberapa kali saat sedang berbicara. Bahkan menangis tentang isu-isu yang dihadapi bangsa kita dan dunia," kata Durbin.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement