Kamis 19 Apr 2018 15:27 WIB

Senat AS Izinkan Senatornya Bawa Bayi ke Kantor

Tugas orang tua sudah sulit, Senat AS tidak sepatutnya membuatnya tambah sulit.

Rep: Adinda Pryanka/ Red: Indira Rezkisari
Senator Tammy Duckworth
Foto: AP
Senator Tammy Duckworth

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dengan suara bulat, pada Rabu (18/4), senat Amerika Serikat mengizinkan orang tua membawa bayi mereka ke ruangan kerja. Dilansir dari The Guardian, Kamis (19/4), perubahan aturan ini memungkinkan Senator Tammy Duckworth, senator pertama pada bulan ini yang melahirkan, merawat putrinya di lantai Senat.

Dalam sebuah pernyataan, Duckworth berterima kasih kepada rekan-rekannya karena telah membantu menyeret institusi yang terikat pada tradisi tersebut untuk menuju peradaban modern. "Saya berterima kasih terutama mereka yang berada di kepemimpinan dan Rules Committee untuk membantu membawa Senat ke abad 21 dengan memberi pengakuan bahwa terkadang orang tua baru juga memiliki tanggung jawab di tempat kerja," tuturnya.

Menurut Duckworth, selama ini, kebijakan Senat terkait anak membuatnya seperti berada di abad ke-19. Duckworth melahirkan Maile Pearl Bowlsbey pada Senin (16/4). Ia sudah menjadi satu dari 10 perempuan yang melahirkan saat memberikan layanan di Kongres.

Pihak kantor mengatakan, Duckworth berencana mengambil cuti melahirkan 12 minggu dengan tetap hadir saat pemungutan suara penting. Perubahan aturan memungkinkannya membawa Maile ke ruang kerja dan menyusui selama pengambilan suara yang memakan waktu berjam-jam berlangsung.

Ketua Komite Senat Roy Blunt menjelaskan, menjadi orang tua merupakan pekerjaan sulit dan aturan Senat seharusnya tidak semakin mempersulitnya. "Saya senang kami bisa menyelesaikannya untuk memenuhi kebutuhan orang tua di Senat. Saya ucapkan selamat kepada Senator Duckworth dan keluarganya," ucapnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement