Ahad 27 May 2018 06:28 WIB

Astronot Misi Apollo 12 Ini Tutup Usia

Alan Bean pernah berkata saya memiliki kehidupan terindah di dunia

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Budi Raharjo
Astronaut Apollo 12 mendarat di bulan pada 14 November 1969.
Foto: murdoc
Astronaut Apollo 12 mendarat di bulan pada 14 November 1969.

REPUBLIKA.CO.ID, HOUSTON -- Astronot Amerika Alan Bean meninggal dalam usia 86 tahun di Houston, Amerika Serikat, pada Sabtu (26/5). Bean merupakan orang keempat yang berjalan di bulan pada 1969 selama misi Apollo 12.

Ia juga memberikan komando untuk kru di stasiun luar angkasa Skylab pada 1973. Administrator Ruang Angkasa dan Antariksa Nasional (NASA) Jim Bridenstine mengungkapkan Alan Bean pernah berkata saya memiliki kehidupan terindah di dunia.

"Itu adalah sentimen yang menghibur untuk diingat ketika kita berduka atas kematiannya, ujar Bridenstine, seperti yang dikutip dari Reuters, Sabtu (26/5).

Bean telah melukis subjek yang membumi selama bertahun-tahun saat ia mulai berlatih mengemudikan pesawat luar angkasa. Tetapi rekan astronotnya meyakinkan Bean untuk melukis pengalamanny di bulan. "Anda dapat menciptakan lukisan-lukisan pertama dalam semua sejarah tempat selain planet kita sendiri," kata mereka.

Karena kesempatan dan tantangan yang belum pernah terjadi sebelumnya, Bean mengundurkan diri dari NASA pada 1981. Ia mencurahkan seluruh waktu dan energinya untuk melukis.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement