Ahad 27 May 2018 07:40 WIB

Dua Negara Bagian AS Umumkan Keadaan Darurat Topan

Topan Alberto diperkirakan menerjang negara bagian AS pada akhir pekan ini.

Red: Nur Aini
Angin Topan (ilustrasi)
Foto: AP
Angin Topan (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, MISSISSIPI -- Negara bagian di AS Tenggara, Mississippi dan Florida, pada Sabtu (26/5) secara terpisah mengumumkan keadaan darurat sebelum Topan Sub-Tropis Alberto bergerak ke arah Gulf Coast. Ada kekhawatiran topan tersebut akan membawa hujan lebat serta mengakibatkan banjir bandang.

Gubernur Florida Rick Scott pada Sabtu pagi (26/5) waktu setempat mengatakan keadaan darurat mencakup semua 67 wilayah guna "mempersiapkan kemungkinan hujan lebat dan banjir parah yang akan dibawa topan ini". Gubernur Mississippi Phil Bryant juga mengumumkan keadaan darurat dan instruksi "untuk mempersiapkan Pengawal Nasional serta sumber daya lain, kalau mereka diperlukan".

Topan Alberto diramalkan bergerak ke arah utara menuju Teluk Meksiko pada akhir pekan. Pusat topan tersebut melewati sebelah barat Kuba, Florida Keys dan daratan utama Florida. Topan kemudian diperkirakan bergerak ke arah Louisiana Timur, Florida Panhandle dan pantai Alabama serta Mississippi, kata ABC News di dalam laporannya.

Alberto adalah topan yang berumur pendek, dan dampaknya yang paling nyata ialah di sebelah timur pusatnya. Hujan lebat diperkirakan akan mempengaruhi sebagian besar Florida dan Gulf Coast pada akhir pekan, kata laporan tersebut.

Baca: Topan Mekunu Terjang Oman, Korban Tewas Berjatuhan

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement