Selasa 30 Jan 2018 15:06 WIB

Korut Batalkan Pertunjukan Bersama dengan Korsel

Pyongyang menilai media Korsel terus menghina Korut.

Rep: Crystal Liestia Purnama/ Red: Teguh Firmansyah
Korsel dan Korut
Korsel dan Korut

REPUBLIKA.CO.ID, SEOUL -- Kementerian Unifikasi Korea Selatan (Korsel) pada Senin (29/1) waktu setempat mengatakan, Korea Utara (Korut) secara tiba-tiba membatalkan pertunjukan budaya bersama dengan Korsel. Pembatalan tersebut menyusul laporan miring media Korsel terhadap Korut.

 

Pertunjukan itu dijadwalkan diadakan di wilayah utara Korut, Gunung Kumgang pada 4 Februari. Namun, Korut mengatakan, pihaknya tidak memiliki pilihan lain kecuali membatalkan pertunjukan tersebut setelah media Korsel terus menghina tindakan Pyongyang yang mereka sebut tulus mengenai Olimpiade Musim Dingin.

 

Seperti diketahui Seoul menjadi tuan rumah Olimpiade Musim Dingin. Pertunjukan tersebut merupakan salah satu hasil dari pembicaraan langka antara Utara dan Selatan yang dimulai pada awal Januari dengan tujuan melibatkan Korut dalam pertandingan di Pyeongchang pada Februari.

 

Baca juga,  Korut Luncurkan Serangkaian Rudal Balistik.

Ada juga diskusi tentang penampilan orkestra Korut dan pengiriman atlet Korsel untuk berlatih di Masikryong, resor ski utama Kim Jong-un.  Keputusan Korut untuk membatalkan pertunjukan bersama sangat disesalkan.  "Pyongyang harus menjunjung tinggi semua kesepakatan yang dibuat antara Korut dan Korsel," kata Seoul seperti dikutip Asian Correspondent.

Pemerintahan Presiden Moon Jae-in telah menghadapi kritik menyusul partisipasi Korut dalam olimpiade, termasuk setelah ia memutuskan untuk membentuk tim hoki es gabungan wanita dengan para atlet dari dua Korea buat Olimpiade Musim Dingin.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement