Kamis 08 Feb 2018 00:45 WIB

Korban Tewas Gempa Taiwan Jadi Enam Orang

Empat unit bangunan bertingkat di pusat Kota Hualien rusak parah dan nyaris roboh.

Sejumlah bangunan mengalami rusak parah akibat gempa di Taiwan yang berkekuatan 6,4 SR, Selasa (6/2)
Foto: BBC
Sejumlah bangunan mengalami rusak parah akibat gempa di Taiwan yang berkekuatan 6,4 SR, Selasa (6/2)

REPUBLIKA.CO.ID, BEIJING -- Jumlah korban tewas akibat gempa bumi berkekuatan 6,5 pada skala Richter di Kabupaten Hualien, Taiwan bertambah menjadi enam orang.

Pusat Operasi Gawat Darurat Taiwan (CEOC), Rabu (7/2), juga melaporkan 88 orang lainnya masih belum diketahui nasibnya, sedangkan 256 orang mengalami luka-luka.

Empat unit bangunan bertingkat di pusat Kota Hualien rusak parah dan nyaris roboh. kantor berita resmi Taiwan, CNA melaporkan empat korban tewas berada di gedung permukiman bertingkat Yun Men Tsui Ti.

Sementara korban tewas lainnya terperangkap di Hotel Marshal yang berada di kota tujuan wisata favorit di Taiwan tersebut. Sejauh ini terdapat 224 orang korban berhasil diselamatkan dari dampak bencana alam di wilayah timur Taiwan itu.

Data Biro Pusat Cuaca Taiwan (CWB) gempa berkekuatan 6,0 pada skala Richter dengan kedalaman 10 kilometer yang berjarak 18,3 kilometer di sebelah utara Kabupaten Hualien itu terjadi pada Selasa (6/2) pukul 23.50 waktu setempat (22.50 WIB). Gempa tersebut diikuti dengan gempa lainnya, meskipun kekuatannya lebih rendah dibandingkan sebelumnya.

Hingga saat ini belum diketahui adanya korban tewas dari warga Indonesia. Kantor Dagang dan Ekonomi Indonesia (KDEI) di Taipei mengimbau WNI segera melapor jika ada yang menjadi korban gempa.

Jumlah WNI yang bekerja di Taiwan diperkirakan mencapai angka 250 ribu orang, sedangkan yang melanjutkan pendidikan sekitar 3.500 orang. Keberadaan WNI menyebar di seluruh wilayah pulau tersebut, termasuk di Hualien, wilayah pesisir timur Taiwan yang berada di garis pantai Samudra Pasifik.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement