Kamis 08 Feb 2018 15:25 WIB

Joe Biden: Partai Republik Telah 'Membungkuk' pada Trump

Partai Republik dinilai telah melindungi Trump meski meninggalkan prinsip.

Rep: Crystal Liestia Purnama/ Red: Teguh Firmansyah
Presiden Donald Trump.
Foto: EPA-EFE/Michael Reynolds
Presiden Donald Trump.

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Joe Biden menilai Partai Republik telah membungkuk pada kehendak Donald Trump, bahkan saat Presiden Amerika Serikat (AS) tersebut merusak institusi sipil.

"Partai Republik akan melakukan apapun untuk melindungi Presiden tidak peduli berapa pun berarti meninggalkan prinsip inti mereka, kata Biden.

Berbicara kepada dengan anggota Partai Demokrat selama sesi diskusi strategi pemilihan di Capitol Hill, mantan wakil presiden dan calon presiden potensial itu mengatakan GOP (merujuk pada Partai Republik, red) memberi tempat yang nyaman buat presiden yang telah melakukan serangan habis-habisan kepada wartawan dan sistem hukum.

Demokrat berharap dapat memanfaatkan sentimen anti-Trump untuk meraih kemenangan dalam pemilihan paruh waktu. Dengan begitu, Demokrat dapat merebut kembali salah satu atau kedua majelis Kongres.

Mereka berharap untuk melakukannya sebagian dengan mengikatPartai Republik yang terancam punah kepada seorang Presiden yang masih mendapatperingkat persetujuan rendah dalam survey.

Biden memproyeksikan Partai Demokrat akan mengukir mayoritas di Dewan Perwakilan Rakyat. Demokrat berharap bisa menggeser Trump pada 2020.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement