Jumat 16 Mar 2018 21:54 WIB

Menteri Luar Negeri Korea Utara Kunjungi Swedia

Swedia dianggap lokasi potensial untuk Trump dan Kim bertemu.

Rep: Fuji Pratiwi/ Red: Nur Aini
Presiden AS dan Presiden Korea Utara.
Foto: Dawn.com
Presiden AS dan Presiden Korea Utara.

REPUBLIKA.CO.ID, STOCKHOLM -- Menteri Luar Negeri Korea Utara berkunjung ke Swedia untuk melakukan sejumlah pembicaraan. Hal itu memicu spekulasi langkah awal kemungkinan digelarnya pertemuan Presiden AS Donald Trump dengan Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri Swedia menyampaikan, keberadaan Menteri Luar Negeri Korea Utara Ri Yong Ho di Stockholm adalah untuk mendiskusikan beberapa hal dengan Menteri Luar Negeri Swedia Margot Wallstrom. Hal itu termasuk keamanan di Semenanjung Korea dan perwakilan diplomatik Swedia dari PBB di Korea Utara, demikian dilansir Reuters, Jumat (16/3). Swedia bukan anggota aliansi militer NATO. Swedia juga sempat disebut-sebut sebagai lokasi potensial tempat bertemu langsung Trump dengan Kim.

Kepada kantor berita Swedia, TT, Perdana Menteri Swedia Stefan Lofven mengatakan, Swedia siap mengambil peran untuk memfasilitasi forum pembicaraan. ''Tapi tentu itu harus berdasarkan keputusan para pihak utama, termasuk peran apa yang mungkin Swedia lakukan,'' kata Lofven.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri AS Heather Nauert mengatakan, ia mengetahui soal pertemuan di Stockholm, tapi AS tidak ikut serta. ''Kami tidak punya informasi apapun termasuk apakah pertemuan itu menyangkut kemungkinan pertemuan antara AS, pihak lain, dan Korea Utara,'' kata Nauert.

Ia juga mengatakan, AS tidak mengirimkan perwakilan ke pertemuan di Stockholm. Amerika Serikat, kata Nauert, bersiap-siap untuk kemungkinan bertemu dengan Korea Utara, Hal itu dilakukan meski belum ada kabar jelas secara langsung dari Korea Utara.

Dengan keberadaan perwakilan diplomatik di Pyongyang pada 1970an, Swedia juga diprediksi dapat memuluskan jalan pertemuan Trump dengan Kim. Hal itu bisa terjadi bahkan bila Swedia tak menjadi lokasi kedua pihak bertemu.

Pekan lalu, Trump membuat kejutan dengan menyatakan kesediaannya bertemu dengan Kim. Spekulasi kemudian berkembang soal lokasi kemungkinan pertemuan itu digelar. Swedia memiliki perwakilan diplomatik di Korea Utara atas nama PBB, tanpa ada kedutaan besar. Swedia ikut membantu membebaskan warga AS yang terjebak atau bermasalah di Korea Utara.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement