Rabu, 8 Ramadhan 1439 / 23 Mei 2018

Rabu, 8 Ramadhan 1439 / 23 Mei 2018

Cina Klaim Sukses Ciptakan Material Super tak Kasat Mata

Ahad 18 Maret 2018 05:14 WIB

Rep: Christiyaningsih/ Red: Israr Itah

Cina

Cina

Penemuan itu bisa membuat Cina menjadi negara yang sulit dibendung jika ada perang.

REPUBLIKA.CO.ID, SHENZHEN -- Cina mengklaim negaranya berhasil menciptakan material super yang bisa membuat segalanya tidak terlihat. Penemuan itu bisa membuat Cina menjadi negara yang sulit dibendung jika ada perang meletus.

New York Post yang mengutip The Sun, Sabtu (17/3) melaporkan, baru-baru ini sebuah film dokumenter yang disiarkan di China Central Television mengungkap keberadaan material super tersebut. Produksi material misterius itu berpusat di The State Key Laboratory of Metamaterial Electromagnet Modulation Technology yang berlokasi di Guangqi Advanced Institute of Technologi, Shenzhen.

Laboratorium memproduksi material super atau metamaterial tak kasat mata yang disebut anti api dan anti beku. Laboratorium itu mampu memproduksi secara massal dengan kapasitas satu juta kaki persegi metamaterial setiap tahunnya.

Metamaterial adalah komposit buatan yang tidak ditemukan di alam. Material super ini merupakan kombinasi berbagai jenis bahan termasuk besi dan plastik. Metamaterial punya sifat dapat dilipat, kecil, ringan, dan kompak. Proses pembuatannya menyertakan radiasi infra merah yang ditambah radiasi elektromagnetik untuk membuatnya jadi tidak kelihatan.

Akan tetapi, tujuan dibuatnya material super tersebut hingga saat ini masih belum diungkap. Sina, sebuah platform media di Cina, memberitakan metamaterial didesain untuk kebutuhan militer. Material tak kasat mata ini rencananya digunakan untuk mengkamuflase jet J-20. 

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA