Sabtu 28 Apr 2018 22:07 WIB

Jokowi akan Lakukan Pertemuan Bilateral Saat KTT ASEAN

Presiden dijadwalkan akan bertemu PM Republik Sosialis Vietnam, Nguyen Xuan Phuc.

Rep: Farah Noersativa/ Red: Andi Nur Aminah
Joko Widodo
Foto: Antara/Adeng Bustomi
Joko Widodo

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden RI Joko Widodo akan melakukan pertemuan bilateral dengan tokoh-tokoh penting ASEAN. Ini merupakan salah satu agenda Presiden Jokowi di Singapura saat menghadiri KTT ASEAN ke-32.

Presiden RI Joko Widodo juga akan melakukan pertemuan bilateral lain dengan tokoh-tokoh penting ASEAN. Presiden dijadwalkan akan bertemu dengan Perdana Menteri Republik Sosialis Vietnam, Nguyen Xuan Phuc.

"Presiden melakukan pertemuan bilateral dengan Perdana Menteri Republik Sosialis Vietnam, Nguyen Xuan Phuc. Pertemuan tersebut rencananya akan digelar selepas jamuan santap siang, di Ruang Pertemuan Bilateral 3, Hotel Shangri-La, Singapura," kata Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden, Bey Machmudin dalam keterangan pers yang diterima Republika.co.id, Sabtu (28/4).

Selain itu, Bey mengatakan Presiden ketujuh RI itu, telah menghadiri upacara pembukaan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-32 ASEAN. Upacara itu dilaksanakan di Island Ballroom, Hotel Shangri-La, Singapura.

Sebelum kembali ke Tanah Air, Bey menjelaskan, Jokowi terlebih dahulu akan menghadiri Pertemuan Indonesia-Malaysia-Thailand Growth Triangle (IMT-GT) ke-11 di Banyan Room, Hotel Shangri-La, Singapura. "Pertemuan tersebut digelar dalam rangka meningkatkan kesejahteraan rakyat ketiga negara beserta kawasan," kata dia.

Sementara, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi juga mengatakan Jokowi akan melakukan pertemuan ASEAN Leader's Retreat. Hal itu dikatakan akan dilakukan setelah Jokowi mengikuti pembukaan KTT ASEAN.

"Ada beberapa pertemuan. Pertama, tentunya pembukaan dari KTT itu sendiri, pembukaan secara resmi. Kemudian ASEAN Leader's Retreat yang lebih akan membahas mengenai masalah isu kawasan, isu internasional," ujar Retno dalam jumpa pers di Hotel Shangri-la, Singapura, Jumat (27/4).

KTT ASEAN 2018 yang dilaksanakan di Singapura itu mengangkat tema "Resilient and Innovative ASEAN". Sebelumnya, para wakil tetap negara anggota untuk ASEAN melakukan pertemuan pada 25 April dan SOM (Senior Official Meeting) pada 26 April 2018. Agenda berikutnya yakni dilanjutkan dengan pertemuan tingkat menteri ASEAN pada 27 April 2018.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement