Rabu 23 May 2018 20:09 WIB

Dukungan Cokelat Warga Malaysia untuk Polisi Pemeriksa Najib

Najib Razak mengeluhkan polisi merampas dan menghabiskan cokelat saat razia.

Rep: Rizkyan Adiyudha/ Red: Nur Aini
 Polisi Malaysia menyita beberapa ratus tas dan lusinan koper berisi uang tunai, perhiasan dan barang berharga lainnya sebagai bagian dari investigasi korupsi dan pencucian uang mantan Perdana Menteri Najib Razak di Kuala Lumpur, Malaysia Jumat, (18/5).
Foto: AP Photo
Polisi Malaysia menyita beberapa ratus tas dan lusinan koper berisi uang tunai, perhiasan dan barang berharga lainnya sebagai bagian dari investigasi korupsi dan pencucian uang mantan Perdana Menteri Najib Razak di Kuala Lumpur, Malaysia Jumat, (18/5).

REPUBLIKA.CO.ID, KUALA LUMPUR -- Warga Malaysia tengah mengadakan kampanye di media sosial terkait pemberian cokelat kepada kepolisian. Gerakan tersebut merupakan protes terhadap mantan perdana menteri Malaysia Najib Razak yang mengeluh lantaran polisi juga merampas dan menghabiskan cokelat miliknya saat merazia kediamannya.

Protes yang dilakukan Najib melalui pengacaranya terkait habisnya coklat yang berada dalam kulkas di rumahnya itu tak pelak membuat warga geram. Mereka kesal dengan keluhan Najib itu dan menilai jika protes yang dilontarkan merupakan hal yang konyol dan bodoh.

"Bapak Najib, Anda membuat masalah dengan protes saat kepolisian memakan coklat Anda padahal Anda memakan semua uang kami," kata penggagas kampanye Siti Kasim, Rabu (23/5).

Siti Kasim lantas membuat gerakan di media sosial dengan tagar chocs4cops. Kampanye itu dia mulai melalui Facebook untuk mengirim cokelat ke kantor polisi pada Sabtu nanti. Gerakan itu kini telah mendapat perhatian dan komentar dari ribuan warga dunia maya yang menyatakan akan mengikuti kegiatan tersebut.

Dalam akun pribadinya Siti menulis serta mengajak warga untuk menunjukkan kepada Najib untuk memberikan cokelat kepada kepolisian. Dia mengatakan, tidak ingin melihat kepolisian diperlakukan dengan buruk.

Dia mengajak warga di seluruh Malaysia untuk memberikan cokelat ke kantor kepolisian terdekat. Jika tidak sempat Siti mengimbau warga untuk melakukan donasi untuk membeli makanan manis tersebut. "Insting saya mengatakan jika keluhan itu sangat jahat, kau tahu? Anda memprotes seseorang yang memakan cokelat dan menurut saya itu konyol dan dan bodoh untuk dikeluhkan," katanya lagi.

Otoritas Malaysia telah melakukan penggeledahan di empat kediaman dan properti Najib Razak di Kuala Lumpur. Penggeledahan dilakukan berkaitan dengan investigasi skandal mega korupsi 1 Malaysia Development Berhad (1MDB) yang menyeret Najib.

Dalam kesempatan itu, aparat menjaring hampir 300 kotak berisi tas mewah, jam tangan, perhiasan dan tumpukan uang tunai. Menurut saksi mata, setidaknya belasan polisi bersenjata memasuki rumah Najib dan melakukan pencarian selama lebih dari enam jam.

Kuasa hukum Najib, Harpal Singh Grewal yang mengemukakan keluhan Najib tersebut mengatakan, tidak mengetahui pasti cokelat jenis apa yang menjadi perhatian Najib. Dia mengatakan, Najib hanya ingin permasalahan itu dilaporkan kepada pihak berwenang. "Tindakan keras akan kami lakukan jika tuduhan itu benar-benar terbukti," kata Direktur Commercial Crime Investigation Department (CCID) Kepolisian Federal Malaysia Amar Singh.

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement