Selasa 23 Jan 2018 04:40 WIB

Mercedes-Benz Hitler tak Terjual Meski Ditawar Jutaan Dolar

Mobil dengan empat pintu ini dirampas oleh pasukan AS pada akhir Perang Dunia II.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Nidia Zuraya
Mobil Mercedes-Benz 770K Grosser Offener Tourenwagen yang digunakan oleh Adolf Hitler.
Foto: wikipedia.org
Mobil Mercedes-Benz 770K Grosser Offener Tourenwagen yang digunakan oleh Adolf Hitler.

REPUBLIKA.CO.ID, ARIZONA -- Seseorang bersedia mengeluarkan 7 juta dolar AS untuk membeli mobil Mercedes-Benz yang pernah digunakan oleh Adolf Hitler. Namun,tawaran ini tidak cukup tinggi untuk menutup kesepakatan pelelangan mobil terkenal itu.

Menurut laporan Fox News, Senin (22/1), Mercedes-Benz 770K Grosser Offener Tourenwagen, yang awalnya dibeli untuk armada Hitler dan pejabat lainnya, ditawarkan pada acara Worldwide Auctioneers di Scottsdale, Arizona pada pekan lalu. Mobil terbuka empat pintu ini  dirampas oleh pasukan Amerika Serikat pada akhir perang dan segera diserahkan ke tangan pribadi.

Mobil ini diketahui sudah beberapa kali dijual. Ia pernah dimiliki oleh kolektor Nazi Relic terkenal yakni Ralph Engelstad dan dipamerkan di museum di kasino Imperial Palace Las Vegas.

Penjualan terakhir diketahui pada 2009, ketika seorang kolektor anonim di Rusia membelinya dalam nominal yang tidak diketahui. Pemilik yang sama diyakini adalah orang yang mencoba membongkarnya pada hari ini dan telah berjanji untuk menyumbangkan 10 persen dari harga jual ke Simon Wiesenthal Center untuk membantu mendanai pendidikan tentang Holocaust.

Sementara itu, walau tawaran 7 juta dolar AS tidak memenuhi harga penjual, rumah lelang tersebut mengatakan negosiasi pribadi untuk penjualan akan berlanjut setelah pelelangan. Sebelum melakukan pelelangan, seorang ahli valuasi mobil top klasik mengatakan mobil langka itu kemungkinan bernilai 5 juta sampai 7 juta dolar AS untuk kualitasnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement