Senin 12 Mar 2018 13:08 WIB

Lukisan Kesultanan Ottoman Dipamerkan di Museum Swedia

20 lukisan Sultan Mehmed IV dipamerkan di Museum Swedia.

Rep: Kamran Dikamra/ Red: Nidia Zuraya
Era Dinasti Ottoman.
Foto: Aksitarih.com
Era Dinasti Ottoman.

REPUBLIKA.CO.ID, STOCKHOLM -- Lukisan abad ke-17 yang menggambarkan ekspedisi berburu sultan ke-19 Kesultanan Ottoman Sultan Mehmed IV dipamerkan di Museum Nordiska di ibu kota Swedia Stockholm. Terdapat 20 lukisan Sultan Mehmed IV yang dipamerkan di museum tersebut.

"20 lukisan minyak pada ekspedisi berburu Sultan Mehmed, yang dijuluki pula sebagai Mehmed Sang Pemburu, memperlihatkan hasrat berburunya di tahun 1657, adalah salah satu karya paling populer di Museum Nordiska di Stockholm," ungkap Direktur Museum Nordiska Ulla Karin Warberg, dikutip laman Anadolu Agency,Senin (12/3).

Menurut Warberg, 15 dari 20 lukisan yang kini dipamerkan di Museum Nordiska merupakan karya Claes Ralamb. Ia merupakan seorang duta besar Swedia yang diutus ke Istanbul pada tahun 1657 oleh Raja Charles X Gustav. "Lukisan-lukisan ini sangat berharga dalam mencerminkan budaya antara kedua negara," kata Warberg.

Ia mengungkapkan, saat ini 15 lukisan yang dipamerkan di Museum Nordiska menjadi hak milik keluarga Claes Ralamb. "Tapi kita telah sepakat bahwa lukisan-lukisan ini akan dipamerkan di museum tanpa batas waktu," ujarnya.

Adapun lima lukisan Sultan Mehmed IV lainnya berhasil didapatkan Museum Nordiska dari sebuah lelang. "Lima lukisan lainnya dibeli pada sebuah lelang tahun 1988," kata Warberg.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement