Selasa 30 Aug 2016 16:57 WIB

Melupakan Perang Gaza Sejenak dengan Lagu tentang Kucing

Rep: dyah ratna meta novia/ Red: Ani Nursalikah
Penyanyi populer dari Gaza Adel Meshouki
Foto: France 24
Penyanyi populer dari Gaza Adel Meshouki

REPUBLIKA.CO.ID, GAZA -- Penyanyi dari Gaza Adel Meshouki selalu dielu-elukan fansnya di mana saja dia berada. Ia telah menyanyi selama 10 tahun dan berakting bagi drama di televisi dan radio.

Dengan menyanyi ia mendapatkan pendapatan yang pas-pasan dan kadang-kadang saja. Salah satu lagunya yang paling populer adalah Syair untuk Seekor Kucing

Sepenggal liriknya berbunyi, "Jangan takut kucing, jangan lari. Aku hanyalah seorang manusia biasa."

Seperti dilansir France 24, Video lagu Syair untuk Seekor Kucing hanya dibuat dengan ponselnya. Namun telah dibagikan ratusan hingga ribuan kali di Facebook.

Bahkan anak-anak muda mendengarkan lagu Meshouki berjudul Fear Not. Bahkan lagu-lagunya yang populer lainnya sering didengarkan lewat ponsel dan di pernikahan.

Rahasia kesuksesan dia adalah gayanya yang ringan, penuh humor dan ironi bagi warga Gaza. Lagu-lagunya bisa sejenak didengarkan untuk melupakan kondisi politik dan perang yang dihadapi oleh warga Gaza.

"Sekarang saya tak berbicara soal politik dan perang lagi. Saya sudah muak dengan semua itu, kami ingin bersenang-senang," ujar Meshouki.

Ia menambahkan, ia hanyalah manusia biasa. "Saya tak ingin berperang dengan siapa pun, saya hanya ingin hidup."

Saat diundang ke pernikahan di Rafah, kakak mempelai pria Ibrahim al-Nireb mengatakan semua orang menyukai Meshouki. "Saya berfoto dengan Meshouki dua kali, dia membuat orang-orang tersenyum," ujarnya.

Gaza memiliki penduduk sebanyak 1,9 juta orang. Mereka masih berusaha menyembuhkan diri dari kehancuran akibat perang dengan Israel pada 2014.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement