Ahad , 16 April 2017, 04:51 WIB

Finlandia Dinobatkan Jadi Negara Teraman di Dunia

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Israr Itah
BBC
Peta perbatasan Norwegia dan Finlandia.
Peta perbatasan Norwegia dan Finlandia.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- World Economic Forum (WEF) baru saja mengumumkan Finlandia sebagai negara teraman di dunia versi Travel and Tourism Competitiveness Report. Finlandia berhasil meraih posisi tersebut dengan meraih skor sebesar 6,7.

Peringkat untuk kategori Keselamatan dan Keamanan ini diukur berdasarkan besarnya risiko keamanan mempengaruhi pariwisata dan bisnis di negara yang bersangkutan. Risiko-risiko ini meliputi ancaman serius seperti kekerasan dan terorisme. Sedangkan kasus kriminal kecil tidak menjadi indikator penilaian dalam penyusunan peringkat ini.

Menyusul Finlandia, ada beberapa negara Timur Tengah yang juga masuk ke dalam urutan 10 besar, yakni Uni Emirat Arab, Oman, dan Qatar. Sebagian orang menilai masuknya ketiga negara tersebut dalam 10 besar negara teraman di dunia cukup mengejutkan. Alasannya, ketiga negara tersebut cukup dekat dengan negara-negara Timur Tengah lain yang sedang berkonflik dan perang.

Menurut Harpers Bazaar, Sabtu (15/4). hal lain yang cukup mencengangkan ialah rendahnya peringkat keamanan Inggris dan Amerika Serikat. WEF mengungkapkan bahwa Inggris berada di peringkat 78 sedangkan Amerika Serikat berada di urutan 84. Posisi tersebut, tak jauh berbeda dengan negara-negara seperti Nikaragua, Zimbabwe, dan Kuwait.

Di antara 136 negara yang diteliti, Kolombia menempati posisi paling bawah sebagai negara teraman di dunia. Sedikit di atas Kolombia ada beberapa negara lain seperti Yaman, El Salvador, Pakistan, dan Nigeria.

Dalam studi ini, ada beberapa negara yang tidak turut dilibatkan. Salah satunya ialah Suriah.

Berikut ini ialah daftar 10 besar negara teraman menurut WEF beserta skor masing-masing negara:

1. Finlandia (6,7)

2. Uni Emirat Arab (6,6)

3. Islandia (6,6)

4. Oman (6,5)

5. Hong Kong (6,5)

6. Singapura (6,5)

7. Norwegia (6,4)

8. Swiss (6,4)

9. Rwanda (6,4)

10. Qatar (6,3)

 

Sumber: http://www.harpersbazaar.co.uk/travel/news/a40987/safest-countries-in-the-world/