Sabtu 26 May 2018 01:01 WIB

Iran Tetapkan Tenggat Waktu Soal Kesepakatan Nuklir

Teheran akan memutuskan dalam beberapa minggu apakah akan keluar dari kesepakatan itu

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Bilal Ramadhan
Gedung yang disinyalir berpotensi menjadi pengendali nuklir Iran.
Foto: Al Jazeera
Gedung yang disinyalir berpotensi menjadi pengendali nuklir Iran.

REPUBLIKA.CO.ID, WINA -- Iran menginginkan Uni Eropa untuk menyajikan langkah-langkah pada akhir Mei untuk mengkompensasi Amerika Serikat yang meninggalkan kesepakatan nuklir 2015, seorang pejabat senior Iran mengatakan pada hari Jumat (25/5). Teheran akan memutuskan dalam beberapa minggu apakah akan keluar dari kesepakatan itu.

Kesepakatan 2015 antara Iran dan negara-negara dunia mencabut sanksi internasional atas Teheran sebagai imbalan untuk menyetujui pembatasan program nuklirnya. Sejak Presiden Donald Trump menarik Amerika Serikat keluar bulan lalu, kekuatan Eropa telah berusaha menemukan cara untuk memastikan Iran masih menerima manfaat ekonomi untuk membujuknya agar tetap dalam kesepakatan.

Namun itu terbukti sulit, dengan perusahaan-perusahaan Eropa yang takut akan sanksi AS. Negara-negara yang tetap dalam perjanjian bertemu pada hari Jumat (25/5) untuk pertama kalinya sejak Trump meninggalkan pakta itu, tetapi para diplomat melihat ruang lingkup terbatas untuk menyelamatkannya.

Para pejabat Inggris, Cina, Prancis, Jerman dan Rusia akan berusaha untuk menyempurnakan dengan wakil menteri luar negeri Iran strategi untuk menyelamatkan kesepakatan dengan menjaga minyak dan investasi mengalir.

"Saya pribadi mungkin tidak optimis tetapi saya mencoba yang terbaik untuk sampai pada kesimpulan," kata seorang pejabat senior Iran kepada wartawan menjelang pembicaraan, dilaporkan Reuters, Jumat (25/5).

Para pemimpin Uni Eropa telah bersatu di balik kesepakatan itu, dengan Belgia melakukan langkah-langkah. Termasuk melarang perusahaan-perusahaan yang berbasis di UE agar tidak mematuhi sanksi AS dan mendesak pemerintah untuk melakukan transfer uang ke bank sentral Iran untuk menghindari denda.

"Kami mengharapkan paket (ekonomi) untuk diberikan kepada kami pada akhir Mei. Saya minta maaf untuk mengatakan bahwa kami belum (melihat) Plan B. Rencana B baru saja mulai diketahui," kata pejabat Iran.

Dia mengatakan tindakan Eropa akan perlu untuk memastikan bahwa ekspor minyak tidak berhenti, dan bahwa Iran akan tetap memiliki akses ke sistem pengiriman pembayaran bank internasional SWIFT.

Washington telah mengancam tidak hanya untuk menerapkan kembali sanksi tetapi untuk membuatnya lebih ketat. Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo pada Senin (21/5) mengancam Iran dengan sanksi terkuat dalam sejarah, jika itu tidak mengubah perilakunya di Timur Tengah.

Pemimpin tertinggi Iran menetapkan syarat pada hari Rabu (23/5) bagi Iran untuk tetap dalam kesepakatan: kecuali Eropa menjamin penjualan minyak Iran tidak akan terganggu, Teheran akan melanjutkan pengayaan bahan nuklir. Dia juga menolak setiap negosiasi baru atas program rudal Iran, yang tidak dicakup dalam kesepakatan nuklir dan yang dikatakan Iran mereka tidak akan pernah menyerah dalam hal ini.

Pejabat Iran mengatakan pada hari Jumat, "Kami tidak memiliki cukup waktu. Kami mengharapkan (pertemuan) hari ini untuk mengambil posisi yang bersatu melawan mundurnya Amerika Serikat (dalam pakta) dan mengkompensasi ketidakhadiran AS dalam kesepakatan."

"Jika tidak, kami akan pergi untuk pertemuan tingkat menteri dan setelah itu jika Iran masih belum puas kami akan mengambil keputusan," tambahnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement