Jumat 06 May 2011 18:03 WIB

Rakyat Palestina Rayakan Rekonliasi Hamas-Fatah

Rep: yogie respati/ Red: taufik rachman

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Manara Square di Ramallah menjadi saksi perayaan penandatanganan kesepakatan antara Hamas dan Fatah oleh rakyat Palestina. Balon-balon berwarna merah, putih, hijau dan hitam yang merepresentasikan bendera Palestina pun beterbangan di langit negara itu.

Ribuan orang juga turun di jalanan kota Gaza sambil mengibarkan bendera Fatah. Tak hanya itu, bendera Mesir pun berkibar setelah Mesir menjadi perantara kesepakatan dua faksi di Palestina.

Rekonsiliasi antara dua faksi memang hanya menimbulkan perayaan kecil-kecilan di wilayah Palestina, seiring masih beredarnya pertanyaan apakah kesepakatan tersebut akan berlangsung lama. Kendati demikian, seorang wanita tetap bergembira menyambut rekonsilisasi tersebut.

Menurutnya, kesepakatan tersebut adalah hal terbaik yang terjadi dalam waktu yang lama. “Ini adalah dunia yang berbeda,” kata wanita yang tak disebutkan namanya, dikutip voanews, Jumat (6/5).

Ia pun berharap tewasnya pimpinan Al Qaeda, Usamah bin ladin akan menutup satu tahap kekerasan. Menurutnya, peristiwa 11 September 2001 pun tidak ada kaitannya dengan Palestina.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement