Selasa 17 May 2011 12:24 WIB

AS Sambut Gembira Rusia Gabung dalam Pertahanan Rudal Eropa

REPUBLIKA.CO.ID, Washington, 17/5 (ANTARA/RIA Novosti-0ANA) - Partisipasi Moskow dalam pertahanan rudal

Eropa adalah cara terbaik untuk meredakan kekhawatiran Rusia mengenai proyek tersebut, kata seorang pejabat tinggi Departemen Luar Negeri AS, Selasa (17/5) kepada RIA Novosti.

"Seperti yang telah kita katakan sebelumnya, pertahanan rudal kami tidak diarahkan pada Rusia, juga tidak mengancam alat pencegah strategis Rusia." "Kami percaya kerja sama adalah cara terbaik bagi Rusia untuk memperoleh keyakinan bahwa pertahanan rudal AS tidak diarahkan padanya," kata sumber Departemen Luar Negeri AS itu kepada RIA Novosti dengan syarat tak disebutkan jati dirinya.

Pernyataan itu muncul tak lama setelah Wakil Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Ryabkov menyatakan keprihatinan tentang penolakan Amerika Serikat untuk memberikan jaminan yang mengikat secara hukum, bahwa sistem pertahanan rudal Eropa tersebut tidak akan diarahkan terhadap Rusia, dan memperingatkan bahwa Moskow mungkin menarik diri dari Perjanjian START baru sebagai tanggapannya.

Sumber lain di Departemen Luar Negeri menyatakan harapan bahwa dialog dengan Moskow dalam masalah ini akan terus berlanjut. "Kami tidak bernegosiasi di media dan Wakil Menteri Tauscher berharap untuk melanjutkan percakapan bersama timpalannya mengenai hal ini," kata sumber itu.

sumber : Anta
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement