Selasa 24 May 2011 20:07 WIB

Abu Vulkanik Bertiup ke Selatan, Banyak Penerbangan Terancam, Termasuk Jadwal Barca

Asap debu vulkanis dari letusan gunung Grimsvotn, Islandia
Foto: modernsurvivalblog.com
Asap debu vulkanis dari letusan gunung Grimsvotn, Islandia

REPUBLIKA.CO.ID, Debu vulkanik dari erupsi gunung berapi, Grimsvotn,di Islandia diprediksi akan mencapai Bandara Heathrow, London--titik transportasi udara internasional tersibuk di dunia--sekitar siang, Selasa (24/5). Demikian organisasi pengawas udara Eropa mengumumkan.

Meski demikian konsentrasi debu diprediksi rendah. Namun tidak ada keterangan pasti apakah sejumlah jadwal penerbangan di Heathrow akan dibatalkan.

Awan debu diramalkan menutupi semua area udara di Inggris pada pukul 1 siang, pada Rabu pagi, demikian menurut badan meterologi dan cuaca Inggris, Kantor Met, Selasa (24/5).

Debu akan mengalami pemadatan di atas Skotlandia, Irlandia Utara dan Inggris utara, masih menurut Kantor Met. Sementara Heathrow berada di selatan Inggris.

Hingga kini, setidaknya 252 penerbangan ke dan dari Skotlandia dan Irlandia Utara telah dibatalkan, Selasa, menurut organisasi pengatur lalu lintas udara Eropa, Euorcontrol.

Debu Vulkanik bisa menjadi bahaya serius bagi pesawat, pertama ia mengurangi kemampuan pandangan, menggangu kontrol penerbangan dan yang pasti menyebabkan kerusakan pada mesin jet.

Presiden AS, Barack Obama telah meninggalkan Irlandia menuju Inggris, Senin, satu hari lebih awal dari rencana semula demi memastikan debu vulkanik tidak memberi dampak rencana penerbangan.

British Airways dan maskapai Belanda, KLM, juga membatalkan sejumlah penerbangan pada Selasa yang menuju maupun dari Skotlandia.

Menarik perhatian, asap vulkanis juga memberi gangguan terhadap perhelatan Final Liga Champions. Klub asal Spanyol, Barcelona juga mempertimbangkan terbang lebih awal ke London untuk pertandingan Sabtu melawan Manchester United dalam ajang antar klub Eropa tersebut.

Tahun lalu, kejadian serupa, debu vulkanis memaksa penutupan wilayah udara kawasan Islandia di akhir pekan, mengganggu penerbangan udara antar Eropa dan trans Atlantik.

Ribuan penerbangan dibatalkan April hingga Mei 2010 ketika erupsi Eyjafjallajokull terjadi, menyebabkan kekacauan bagi pelancong dan mimpi buruk keuangan bagai maskapai penerbangan.

Namun kini Otoritas Penerbangan Sipil Inggris menyaakan pengaturan baru telah diterapkan sejak erupsi gunung Islandia tahun baru. Perubahan itu meminta pengurangan jumlah penerbangan yang harus dibatalkan jika sewaktu-waktu awan debu menyebar lagi.

Menurut laporan di situs resmi bandara internasional Islandia, bandara telah dibuka kembali pada Senin malam Lalu,

 Grimsvotn , gunung berapi paling aktif di Eropa mulai mengalami erupsi pada Sabtu lalu. Gunung yang berada di bawah glasier Vatnajokull itu meletus pada Sabtu, menurut Kantor Meteorologi Islandia.

Terakhir kali, gunung itu meletus pada 2004. Pada 1783, reaksi berantai dari gunung berapi menghasilkan letusan dengan muntahan lava terbesar du dunia yang mengalir hingga tujuh bulan lamanya, merusak tanaman dan hewan ternak, demikian menurut  Smithsonian National Museum of Natural History.

Peristiwa dahsyat itu memunculkan bencana kelaparan besar serta menghapus seperlima populasi Islandia.

sumber : CNN
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement