Rabu 06 Jul 2011 21:43 WIB

Ratusan Imigran Gelap Tenggelam di Lepas Pantai Sudan

Red: cr01
Salah satu kapal imigran gelap (ilustrasi).
Foto: english.globalarabnetwork.com
Salah satu kapal imigran gelap (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, KHARTOUM – Hampir 200 orang tenggelam ketika sebuah kapal yang membawa imigran-imigran gelap dari Sudan ke Arab Saudi terbakar setelah empat jam karam di laut.

"Sebanyak 197 orang tengelam di Laut Merah, di perairan wilayah Sudan, menyusul kebakaran sebuah kapal yang secara ilegal mengangkut mereka ke Arab Saudi," kata seorang pejabat Sudan sebagaimana dikutip Pusat Media Sudan (SMC), Selasa (5/7).

Kepolisian Sudan mengkonfirmasikan peristiwa tersebut. "Informasi yang dipublikasikan oleh SMC itu benar," kata seorang juru bicara polisi, tanpa memberikan penjelasan lebih lanjut.

Dari ratusan korban tersebut, baru tiga orang yang berhasil diselamatkan. Namun pencarian terhadap orang-orang yang diperkirakan selamat masih diteruskan.

Operasi pencarian direncanakan dan dilaksanakan di sekitar Tokar, sekitar 150 kilometer selatan pelabuhan Sudan, dekat perbatasan dengan Eritrea. Sedangkan empat warga Yaman, yang diduga memiliki kapal berbendera Kuba itu, telah ditangkap.

Menurut laporan yang sama, satu upaya terpisah untuk menyelundupkan 247 imigran—sebagian besar dari Somalia, Eritrea, Chad dan Nigeria—juga dilakukan melalui wilayah pantai Tokar, Sudan, telah digagalkan.

sumber : AFP
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement