Rabu 13 Jul 2011 06:12 WIB

Akhir Juli Menlu AS Hillary Clinton ke Indonesia

REPUBLIKA.CO.ID,WASHINGTON--Menlu Amerika Serikat Hillary Clinton akan mengunjungi Indonesia dan Hong Kong akhir bulan ini untuk mengambil bagian dalam beberapa forum regional dan mengadakan banyak pembicaraan bilateral, seorang pejabat AS mengatakan, Selasa. Hillary Clinton akan tiba di Bali, Indonesia, pada 21 Juli setelah lawatan dua hari ke India, dan akan mengambil bagian dalam pembicaraan ASEAN dan menemui para menteri luar negeri dari Pertemuan Puncak Asia Timur, kata juru bicara deplu Victoria Nuland.

"Kunjungannya ke Indonesia menunjukkan komitmen terus-menerus AS untuk meningkatkan keterlibatan strategis di Asia Tenggara dan dengan Perhimpunan Bangsa Asia Tenggara (ASEAN)," ujar Nuland dalam sebuah pernyataan. Ia akan mengambil bagian pada 22 Juli dalam konferensi tingkat menteri pos ASEAN, yang dituanrumahi oleh Indonesia yang sekarang ini adalah pemimpin ASEAN.

Ia juga akan bertemu dengan para menteri luar negeri dari Pertemuan Puncak Asia Timur (EAS), untuk mempersiapkan bagi keikutsertaan Presiden Barack Obama untuk pertama kalinya dalam pertemuan puncak 18 negara itu pada November. Juga dalam lawatannya ke Indonesia, Hillary Clinton akan menjadi tuan rumah pertemuan tingkat menteri Lower Mekong Initiative (LMI) keempat dengan para menteri luar negeri dari Kamboja, Laos. Thailand dan Vietnam, kata Nuland.

AS juga akan mengadakan pertemuan tiga pihak dengan Jepang dan Korea Selatan, dan Hillary Clinton akan mengadakan sejumlah permbicaraan bilateral, ia menambahkan. Pada 23 Juli, Ny. Clinton akan memimpin delegasi AS ke Forum Regional ASEAN ke-18 untuk membicarakan masalah keamanan regional, dan menyampaikan pidato pembukaan pada Pertemuan Puncak Entrepreneurship Regional yang pertama pernah diadakan.

Dan pada hari berikutnya, kepala diplomat AS itu akan bertemu dengan Menlu Indenesia Marty Natalegawa untuk membicarakan masalah penting bilateral, regional dan global. Pada 25 Juli, ia akan bertemu di Hong Kong dengan Pemimpin Eskekutif Donald Tsang dan dengan anggota-anggota Dewan Legislatif Hong Kong.

Hillary Clinton mengatakan, Selasa, ia akan membicarakan situasi ekonomi global dalam pidato di Hong Kong pada akhir Juli. "Di Hong Kong akhir bulan ini, saya akan berbicara mengenai aturan dan nilai yang mendukung orde ekonomi global kita," kata diplomat AS itu pada konferensi Koalisi Kepemimpinan Global AS yang bermarkas di Washington.

sumber : antara/AFP
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement