Selasa 09 Aug 2011 14:57 WIB

Arab Saudi, Negara Kaya Minyak tapi Juga Kaya Pengangguran

REPUBLIKA.CO.ID, Arab Saudi selama ini dikenal dengan negara kaya minyak. Namun siapa sangka, negara yang dikuasai keluarga Saudi ini ternyata berada di bawah Jalur Gaza dan Irak dari sisi jumlah pengangguran.

Koran al-Quds al-Arabi cetakan London dalam sebuah artikelnya terkait kondisi sosial dan ekonomi yang mengenaskan di Arab Saudi menyebutkan, di saat lebih dari 70 persen warga Saudi tidak memiliki rumah serta banyak keluarga mengalami kesulitan akibat tingginya biaya hidup, maka harus diakui bahwa mayoritas warga negara ini tidak jauh berbeda kehidupannya dengan warga Palestina di Jalur Gaza dan Irak yang tengah dijajah Amerika Serikat.

Di artikel ini disebutkan, Arab Saudi menempati ranking pertama dari sisi kebobrokan politik, administrasi serta tidak adanya kebebasan. Oleh karena itu wajar jika universitas negara ini menempati posisi paling buncit di antara negara-negara Arab meski mendapat anggaran melimpah dari pemerintah.

Di bagian lain artikelnya, koran ini menandaskan, kehadiran lebih dari enam juta pekerja asing di negara ini dan melonjaknya angka pengangguran warga Arab Saudi membuat tertolak asumsi bahwa Riyadh termasuk kota paling terbaik di Arab.

sumber : IRIB/al-Quds al-arabi/MF
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement