Kamis 01 Sep 2011 23:55 WIB

Rusia Akui NTC Sebagai Pemerintah Libya

REPUBLIKA.CO.ID, MOSKOW - Rusia hari Kamis secara resmi mengakui kelompok pemberontak Dewan Transisi Nasional (NTC) sebagai pemerintah yang berkuasa di Libya, kata kementerian luar negeri dalam sebuah pernyataan.

"Federasi Rusia mengakui Dewan Transisi Nasional sebagai pemerintah yang berkuasa dan mengamati program reformasinya yang mencakup penyusunan konstitusi baru, penyelenggaraan pemilihan umum dan pembentukan pemerintah," katanya.

Sebelumnya Muamar Qaddafi berusaha berunding dengan pemerintah Aljazair untuk memasuki

negara itu dari kota perbatasan, kata laporan harian El-Watan pada edisi 'online', Rabu (30/8).

Dengan mengutip sumber-sumber yang dekat dengan presiden Aljazair, surat kabar berbahasa Prancis itu melaporkan bahwa Qaddafi "berusaha untuk mendekati Presiden (Aljazair) Abdelaziz Bouteflika melalui telepon tetapi dia menolak untuk menerima telepon itu".

Laporan itu mengatakan bahwa Qaddafi kini sedang bersembunyi di kota perbatasan Ghadames bersama anggota keluarga lainnya, untuk menunggu izin menyeberang ke Aljazair --tempat istrinya, dua putra dan putrinya telah memasuki negara itu.

"Ini bukan pertama kali Qaddafi dan utusannya telah mencoba untuk melakukan kontak dengan Presiden Aljazair," kata surat kabar itu. Putri Qaddafi, Aisha, melahirkan di Aljazair setelah melarikan diri dari Libya setelah rezim ayahnya hancur.

Pemerintah Aljazair mengatakan pada Selasa bahwa Aisha telah menyeberang ke Aljazair pada Sabtu dengan kakaknya Hannibal, ibu mereka Safiyah - isteri kedua Qaddafi - dan putra tertua pemimpin buronan itu, Muhammad.

sumber : Antara/AFP
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement