Selasa 06 Sep 2011 14:36 WIB

Hiii... Buaya Terbesar di Filipina Ditangkap

Buaya raksasa yang berhasil ditangkap di Filipina
Foto: AP
Buaya raksasa yang berhasil ditangkap di Filipina

REPUBLIKA.CO.ID, MANILA - Seekor buaya raksasa air asin dengan berat lebih dari satu ton ditangkap di desa terpencil di Filipina, setelah serentetan serangan terhadap manusia dan ternak, kata pejabat setempat, Selasa (6/9).

Hewan melata dengan panjang 6,4 meter dan berat 1.075 kg tersebut diduga telah memangsa seorang petani yang hilang sejak Juli bersama dengan sejumlah kerbau di kota Bunawan, Filipina selatan, kata seorang pemburu buaya, Rollie Sumiller.

Menurut Kementerian Lingkungan Hidup, satu buaya juga dilaporkan pernah menggigit hingga putus kepala seorang gadis berusia 12 tahun di Bunawan pada 2009. Josefina de Leon, Kepala Divisi Margasatwa Biro Kawasan Lindung dan Margasatwa Kementerian Lingkungan Hidup, mengatakan hewan tersebut mungkin merupakan buaya terbesar yang pernah ditangkap.

"Berdasarkan catatan yang ada, buaya terbesar yang pernah ditangkap sebelumnya memiliki panjang 5,48 meter," kata de Leon kepada AFP. "Ini adalah binatang terbesar yang pernah saya tangkap dalam kurun waktu 20 tahun," tambah Sumiller.

Dia juga menambahkan buaya jantan tersebut berusia lebih dari 50 tahun. "Masyarakat sudah lega. Namun kami tidak benar-benar yakin apakah buaya ini pemakan manusia, karena pernah ada penampakan buaya lain di daerah tersebut," kata de Leon.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement