Kamis 15 Sep 2011 11:12 WIB

Myanmar Nyatakan Bebas Kuping Biru

REPUBLIKA.CO.ID,YANGON - Myanmar pada Rabu (14/9) menyatakan negaranya telah bebas dari Penyakit Telinga Biru. Penyakit itu pernah tersebar di negara itu selama sekitar setengah tahun sejak Februari. Demikian laporan Departemen Pemuliaan Ternak dan Kehewanan setempat.

Saat penyakit yang juga dikenal sebagai Porcine Reproductive and Respiratory Syndrome (PRRS) itu menginfeksi babi, harga daging babi di pasar negara itu langsung anjok. Penyakit Telinga Biru sekali menyebar sejauh enam wilayah, yaitu Mandalay, Nay Phi Taw, Magway, Ayeyawaddy, Bago dan Yangon.

Menurut laporan, sekitar 5.500 babi terinfeksi dan 2.000 tewas karena penyakit ini. Ada sekitar 9,3 juta babi tewas di negara itu.

Penyakit telinga biru adalah penyakit kedua yang melanda Myanmar sejauh tahun ini setelah flu burung (H5N1) yang melanda negara bagian Sittway Rakhine, kota Tantsle, wilayah Sagaing, pada dua bulan pertama tahun ini. Ribuan unggas, yang diduga membawa flu burung ganas, dimusnahkan menyusul penemuan kematian yang tidak biasa. Myanmar pertama kali diserang oleh flu burung H5N1 pada 2006.

sumber : Antara/Xinhua-OANA
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement