Selasa 25 Oct 2011 13:42 WIB

Qaddafi Dimakamkan di Tengah Gurun, Lokasinya Dirahasiakan

Jenazah Qaddafi sesaat sebelum diangkut untuk dimakamkan
Foto: Al Jazeera
Jenazah Qaddafi sesaat sebelum diangkut untuk dimakamkan

REPUBLIKA.CO.ID, MISRATA - Mantan pemimpin Libya, Muammar Qaddafi dipastikan akan dimakamkan hari ini. Lokasi pemakaman dirahasiakan, namun santer beredar, dia akan dimakamkan di tengah gurun di lokasi yang dirahasiakan demi menghindari aksi vandalisme. Yang jelas, pendingin tempat jenazahnya disimpan sejak Jumat, telah kosong.

"Dia akan dimakan besok (hari ini, red) dalam sebuah upacara sederhana secara Islam," kata pejabat pemerintah sementara Libya pada Reuters, kemarin. Pemakaman harus dilakukan segera karena jenazah tak bisa disimpan lama-lama, karena sudah mulai bau dan rusak.

Pejabat NTC mengatakan negosiasi terjadi dengan saudara sesuku Qaddafi dari Sirte soal bagaimana penguburan jenazahnya. "Namun, tidak tercapai kesepakatan, sehingga diputuskan untuk penguburan segera di gurun," katanya.

Pemilihan lokasi di tengah gurun, selalin untuk menghindari vandalisme, juga untuk menghindari agak lokasi pemakamannya tidak disakralkan.

Seorang pejabat NTC mengatakan kepada Reuters  bahwa hanya akan ada empat saksi untuk pemakaman, dan semua akan bersumpah di bawah Alquran untuk tidak pernah mengungkapkan lokasi pemakaman.

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement