Kamis 15 Dec 2011 08:58 WIB

Iran Buka Pameran, Isinya Pesawat Mata-mata AS dan Israel

Pesawat pengintai tanpa awak (drone) buatan AS yang ditangkap Iran
Foto: AP
Pesawat pengintai tanpa awak (drone) buatan AS yang ditangkap Iran

REPUBLIKA.CO.ID, TEHERAN - Iran berencana untuk memamerkan beberapa pesawat mata-mata Amerika Serikat dan Israel yang telah diambil alih dalam waktu dekat, kata kantor berita semi-resmi Mehr pada Rabu (14/12).

Para wartawan nasional dan duta besar asing yang berbasis di ibu kota Iran Teheran akan diizinkan untuk mengunjungi pameran itu, kata sumber informasi seperti dikutip Mehr.

Menurut sumber itu, pesawat-pesawat tak berawak asing yang telah dimiliki Iran mencakup empat pesawat mata-mata Israel dan tiga Amerika Serikat.

Keempat pesawat tak berawak Israel yang sekarang dimiliki Iran telah melanggar wilayah udara negara itu di sepanjang perbatasan timur, sedangkan tiga pesawat tak berawak Amerika Serikat telah merambah ke wilayah udara negara itu di sepanjang perbatasan timur dan selatan.

Pada awal bulan ini, media Iran melaporkan bahwa pesawat pengintai Amerika ditembak jatuh oleh Angkatan Bersenjata Republik Islam di Iran timur setelah melampaui perbatasan Iran. Televisi pemerintah Iran pekan lalu menunjukkan rekaman dari pesawat siluman tersebut.

Para pejabat Amerika Serikat membantah pesawat itu ditembak jatuh oleh Iran, dan bersikeras pesawat RQ-170, pesawat tak berawak yang digunakan untuk pengintaian dan pengawasan oleh Amerika Serikat di Afghanistan, jatuh karena masalah mekanis.

Namun laporan Mehr pada Rabu tidak mengatakan apakah pameran akan mencakup pesawat AS RQ-170 itu. Pada Januari, Iran mengklaim bahwa mereka telah menembak jatuh pesawat-pesawat Amerika Serikat, Inggris dan Israel di Teluk Persia beberapa kali selama tahun-tahun terakhir.

sumber : Antara/Xinhua-OANA
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement