Jumat 02 Mar 2012 21:14 WIB

Gantikan Kevin Rudd, Bob Carr Jadi Menlu Australia Baru

Bob Carr, Menlu Australia baru
Foto: straitstimes.com
Bob Carr, Menlu Australia baru

REPUBLIKA.CO.ID, SYDNEY---Perdana Menteri Australia Julia Gillard menunjuk mantan perdana menteri negara bagian Bob Carr sebagai menteri luar negeri untuk menggantikan Kevin Rudd.

Menlu Kevin Rudd meletakkan jabatan pekan lalu dan kemudian kalah dalam upaya menggulingkan Gillard dalam pemungutan suara hari Senin. “Saya sudah membentuk tim paling kuat yang mungkin saya bentuk untuk melakukan apa yang dibutuhkan negara untuk menjadi negara yang kita inginkan di masa depan, negara yang lebih kuat dan lebih adil. Pertama-tama, Bob Carr akan bergabung dalam Senat dan akan mengambil peran sebagai Menteri Luar Negeri,” demikian pidato PM Gillard.

Carr pensiun dari politik tahun 2005 setelah menjabat selama 10 tahun sebagai perdana menteri negara bagian New South Wales, dimana dia memainkan peran penting dalam membantu Sydney menjadi tuan rumah Olimpiade tahun 2000. Pria berusia 64 tahun itu mengatakan dalam jumpa pers hari Jumat bahwa terjadi pertentangan dalam pikirannya mengenai keluar dari masa pensiun.

“Terjadi pertentangan dalam pikiran saya. Tetapi pada akhirnya ketika suara yang jelas Perdana Menteri Gillard membangunkan saya dari tidur saya dan mengatakan ‘maukah anda menjadi menteri luar negeri Australia,’ saya tidak dapat mengatakan tidak,” kata Carr mengomentari pemilihan dirinya sebagai Menlu baru Australia.

Selain menjadi menteri luar negeri, Carr akan menjabat dalam majelis tinggi Senat. Sampai Carr dilantik, Craig Emerson akan terus bertindak sebagai penjabat menteri luar negeri.

sumber : voanews
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement