Jumat 16 Mar 2012 10:30 WIB

Pasangan Asal Swiss Dibebaskan Taliban

Rep: Ani Nursalikah/ Red: Dewi Mardiani

REPUBLIKA.CO.ID, ISLAMABAD -- Pasangan asal Swiss yang diculik di Provinsi Balochistan, Pakistan akhirnya dibebaskan. Militer Pakistan dan pejabat Taliban mengumumkan hal itu, kemarin. Pasangan tersebut diculik Juli lalu saat berwisata di wilayah yang kondisinya tidak stabil tersebut. Saksi mata lokal mengatakan keduanya diculik saat menuju ke Quetta.

Dalam pernyataannya Kementerian Luar Negeri Swiss mengatakan, duta besar Swiss telah melakukan kontak langsung dengan pasangan itu. Dipastikan keduanya tidak terluka dan dalam kondisi baik. "Saat ini mereka berada di tempat aman di Pakistan. Mereka akan kembali ke Switzerland sesegera mungkin," tulis kementerian dalam pernyataan yang dilansir CNN.

Keduanya dibawa dengan menggunakan helikopter dari wilayah Miranshah ke Peshawar, lalu ke Islamabad. Otoritas Pakistan menginformasikan perkembangan keduanya ke kedutaan besar Swiss di Islamabad.

Juru Bicara Militer Pakistan, Athar Abbas, mengatakan, suami-istri tersebut melarikan diri dari Taliban saat berada di pos pemeriksaan militer dekat kota Miranshah, Waziristan Utara. Namun, Juru Bicara Taliban, Ihsanullah Ihsan, mengatakan pasangan tersebut dibebaskan setelah para sesepuh bersidang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement