Sabtu 17 Mar 2012 08:14 WIB

Pasar Lesu, Ekspor Tembikar Bali Tetap Raup Jutaan Dolar

Tembikar
Tembikar

REPUBLIKA.CO.ID, DENPASAR---Sepanjang 2011, Bali menghasilkan devisa sebesar 4,02 juta dolar AS dari pengapalan 1,61 juta unit (psc) mata dagangan tembikar, berupa berbagai jenis cindera mata dari bahan tanah liat yang dibakar.

Kepala Biro Humas Pemerintah Provinsi Bali, I Ketut Teneng di Denpasar Sabtu mengatakan, perolehan devisa dari pengiriman hasil kerajinan terracotta itu mengalami penurunan sebesar 44,17 persen.

Ia mengatakan, pengapalan mata dagangan tembikar tahun sebelumnya mampu meraup devisa sebesar 7,20 juta dolar AS atas pengiriman 2,71 juta unit ke pasaran luar negeri.

Berkurangnya perolehan devisa itu akibat kondisi pasaran luar negeri yang masih lesu sebagai dampak dari krisis ekonomi global.

Seiring dengan semakin membaiknya perekonomian beberapa negara di belahan dunia dan mata dagangan jenis tembikar itu mampu bersaing, diharapkan perolehan devisa bisa meningkat di masa-masa mendatang.

Ketut Teneng menambahkan, hasil kerajinan tembikar merupakan salah satu dari 17 jenis produksi kerajinan Bali yang mampu menembus pasaran internasional.

 

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement