Selasa 03 Apr 2012 03:16 WIB

Inilah Penyebab Kecelakaan Pesawat Rusia

Rep: Gita Amanda/ Red: Dewi Mardiani
 Pesawat Rusia jenis ATR 72 yang jatuh di wilayah Siberia, Senin (2/4).
Foto: (Marat Gubaydullin/AP)
Pesawat Rusia jenis ATR 72 yang jatuh di wilayah Siberia, Senin (2/4).

REPUBLIKA.CO.ID, MOSKOW – Penggunaan pesawat yang sudah tua dan minimnya pelatihan para awak pesawat dianggap sebagai penyebab banyaknya kecelakaan pesawat di Rusia. Dalam beberapa tahun terakhir kecelakaan pesawat kerap terjadi di Rusia. Terakhir ini adalah pada Senin (2/4) yang kecelakaan menewaskan 16 orang.

Para ahli industri mengatakan pesawat yang digunakan di Rusia itu berasal dari era Uni Soviet. Selain itu, minimnya pelatihan bagi para awak pesawat juga digadang-gadang sebagai penyebab lainnya.

Kecelakaan pada Senin itu dialami pesawat jenis turboprop ATR 72 bermesin ganda. Pesawat itu membawa 43 penumpang dan jatuh tak lama setelah lepas landas di Siberia. Akibat kecelakaan tersebut 16 orang dinyatakan tewas, 12 orang selamat, dan sisanya masih belum diketahui.

Juru Bicara Kementrian Situasi Darurat Rusia, Irina Andianova, mengatakan bahwa dari kecelakaan tersebut, 12 korban dinyatakan selamat dan segera diterbangkan ke rumah sakit dengan helikopter. “Sementara, 16 orang dinyatakan tewas,” ujar Irina seperti dilansir The Washington Post.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement