Senin 14 May 2012 10:02 WIB

Obama Sambut Baik Peralihan Keamanan di Afghanistan

Presiden AS, Barack Obama di Pangkalan Militer Bagram, Afghanistan
Foto: Kevin Lamarque/AP
Presiden AS, Barack Obama di Pangkalan Militer Bagram, Afghanistan

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON - Presiden AS, Barack Obama, Ahad (13/5), menyambut baik peralihan keamanan yang berlangsung di Afghanistan pada hari yang sama, dan mengatakan para pemimpin dunia akan memperlihatkan dukungan mereka bagi Afghanistan setelah 2014 dalam pertemuan puncak mendatang NATO di Chicago.

Obama mengatakan langkah itu "adalah tindakan penting menuju upaya kita untuk mencapai sasaran kita di Afghanistan", demikian laporan Xinhua.

Obama mengatakan saat peralihan berlangsung di daerah tersebut, hampir 75 persen penduduk Afghanistan akan hidup di provinsi, kabupaten dan desa tempat pasukan Afghanistan memimpin. Saat Pasukan Keamanan Nasional Afghanistan memperkokoh kemampuan mereka saat, AS dan sekutu NATO-nya berada di jalur penyerahan penuh tanggung jawab keamanan kepada pihak Afghanistan paling lambat akhir 2014.

Obama juga menyebut-nyebut pertemuan puncak mendatang NATO pekan depan, dan mengatakan para pemimpin akan membahas "bagaimana kami dapat secara efektif memajukan proses peralihan saat pasukan kami bergerak dari pertempuran ke peran pendukung, dan memperlihatkan dukungan kami bagi Pemerintah dan Pasukan Keamanan Nasional Afghanistan".

Ia mengatakan ia sangat mengharapkan pertemuan dengan Karzai di Chicago guna "membahas langkah penting ini yang akan memperkuat kedaulatan Afghanistan dan pada saat yang sama mengakhiri perang".

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement