Rabu 27 Jun 2012 07:43 WIB

Cina Ingin Amerika Latin Pererat Kerja Sama

Wen Jiabao
Foto: AP
Wen Jiabao

REPUBLIKA.CO.ID, SANTIAGO -- Perdana Menteri Cina, Wen Jiabao, mendesak peluncuran sebuah forum kerja sama ekonomi untuk menempa hubungan lebih dekat antara Beijing dan Amerika Latin. Desakan itu dikeluarkan di tengah peningkatan tajam dalam perdagangan di kedua negara.

Menurutnya, forum tersebut bakal menciptakan sebuah dasar kerja sama ekonomi yang lebih erat antara kedua pihak, kata Wen. Sebelumnya, Wen mengatakan, Beijing siap untuk perdagangan dengan blok perdagangan Aliansi Pasifik yang baru terbentuk pada awal bulan ini. Kelompok ini termasuk Chili, Kolombia, Meksiko, dan Peru.

"Cina bersedia untuk menciptakan dan mengembangkan hubungan dengan Aliansi Pasifik," kata Wen dalam jumpa pers di Santiago, Selasa (26/6), seperti dilansir AFP, Rabu (27/6).

Blok perdagangan baru Pasifik dengan pasar 215 juta konsumen dan produk domestik bruto lebih dari dua triliun dolar AS, dirancang lima tahun lalu atas desakan mantan presiden Peru Alan Garcia. Kelompok ini bertujuan untuk membangun perdagangan bebas di antara para anggotanya, tetapi juga untuk membuka pasar mereka di wilayah Asia-Pasifik.

Dalam kunjungannya, Wen juga menyimpulkan kesepakatan dengan Presiden Cile Sebastian Pinera untuk memperluas perjanjian perdagangan bebas kedua negara yang ditandatangani pada 2005. Cina dengan penuh semangat membeli produk mineral mentah dan pertanian dari Amerika Latin.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement