Kamis 28 Jun 2012 15:11 WIB

Ledakan di Afghanistan Timur, Dua Tentara NATO Tewas

Pasukan NATO di kota Kabul, Afghanistan.
Foto: Musadeq Sadeq/AP
Pasukan NATO di kota Kabul, Afghanistan.

REPUBLIKA.CO.ID, KABUL -- Dua tentara NATO tewas dalam ledakan di Afghanistan timur pada Rabu (27/6), kata aliansi militer dalam satu pernyataan Kamis (28/6) pagi, seperti dilansir Xinhua. "Dua anggota petugas Pasukan Bantuan Keamanan Internasional (ISAF) tewas setelah serangan bom rakitan (IED) di Afghanistan timur kemarin," kata pimpinan NATO ISAF dalam pernyataan itu.

Pernyataan singkat itu tidak mengungkapkan kebangsaan korban berdasarkan kebijakan ISAF. Para gerilyawan Taliban, yang telah melakukan pemberontakan selama satu dekade, mengumumkan pada 2 Mei bahwa mereka akan meluncurkan ofensif musim semi mulai 3 Mei dengan menargetkan pasukan Afghanistan serta pasukan AS dan NATO di seluruh negeri.

Lima puluh negara berkontribusi 130.000-kekuatan pasukan NATO di Afghanistan. Lebih dari 90.000 dari mereka terutama berasal dari Amerika Serikat dan ditempatkan di timur dan selatan negara itu, diikuti oleh 9.500 dari Inggris terutama yang berpangkalan di Afghanistan selatan. Korban terakhir telah membawa jumlah tentara asing yang tewas di Afghanistan menjadi 218 orang sepanjang tahun ini.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement