Jumat 20 Jul 2012 23:58 WIB

Presiden Yaman Labrak Iran, Ada Apa?

Presiden Yaman Abed Rabbo Mansur Hadi
Presiden Yaman Abed Rabbo Mansur Hadi

REPUBLIKA.CO.ID, Presiden Yaman Abed Rabbo Mansour Hadi melabrak Iran atas tuduhan memata-matai Yaman. Ia menegaskan bahwa Teheran akan "menanggung akibatnya" jika terus melakukannya. Ia lalu mendesak Iran untuk "mengurus masalah sendiri." 

 

Presiden Hadi menekankan bahwa Yaman telah pulih dari kekacauan berbulan-bulan, merujuk apa yang disebutnya "keadaan yang rentan" yang harus dipertimbangkan Iran. Hadi juga memuji pasukan bersenjatanya karena telah menjaga persatuan Yaman:

Ia mengatakan bahwa tentara adalah katup pengaman yang melindungi kesatuan dan keamanan negara dan bahwa tentara tidak melayani perorangan, tetapi masyarakat.

Sejumlah rincian diberikan oleh media pemerintah tentang dugaan jaringan mata-mata yang terbongkar itu. Presiden Hadi tidak merincinya, tetapi mengancam akan "mempermalukan (Iran) di hadapan dunia" pada suatu ketika pada masa depan.

Pemerintah Iran tidak segera menanggapi tuduhan Yaman tersebut.

Para pejabat Yaman menuduh Iran pada masa lalu telah membantu pemberontak Houthi di Yaman utara. Para pemberontak telah berperang melawan pemerintah dalam beberapa tahun terakhir.

 

sumber : voaindonesia
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement