Sabtu 21 Jul 2012 17:47 WIB

Iran Desak PBB Hentikan Pembantaian Muslim di Myanmar

Muslim Rohingya
Foto: nytimes
Muslim Rohingya

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Wakil Tetap Iran untuk PBB Mohammad Khazaei, dalam surat kepada Sekjen PBB Ban-Ki Moon, menyerukan badan internasional itu segera bertindak untuk menghentikan pembantaian umat Islam di Myanmar.

Dalam surat tersebut, Khazaei menyatakan keprihatinan atas situasi Muslim Myanmar dan menyerukan tindakan serius serta tegas PBB untuk mendukung mereka.

Utusan Iran juga telah mengirimkan salinan surat kepada wakil Organisasi Kerja sama Islam dan Komisaris Tinggi Hak Asasi Manusia Navi Pillay serta Penanggung jawab Urusan Kemanusiaan Valerie Amos.

Dia juga menyatakan sangat prihatin atas laporan sejumlah pejabat senior Myanmar, bahwa umat Islam tidak memiliki hak kewarganegaraan, sementara mereka hidup di wilayah tersebut selama berabad-abad.

Khazaei menggarisbawahi bahwa PBB harus mengambil langkah cepat ke arah mempertahankan dan melaksanakan Piagam PBB serta mendukung orang-orang Muslim di Myanmar.

Dia mengatakan Sekjen PBB diharapkan bertindak tegas untuk menghentikan tindakan yang menimbulkan bencana di Myanmar itu.

Utusan itu menambahkan bahwa, tidak diragukan lagi, diamnya masyarakat internasional tentang situasi di Myanmar akan menjadi pelanggaran berat hak-hak dasar Muslim dan hukum internasional serta akan menjadi tren berbahaya dalam hubungan internasional.

Dia menyatakan harapan bahwa pemerintah Myanmar akan menanggapi positif keprihatinan masyarakat internasional ini, sehingga umat Islam dapat kembali ke rumah-rumah mereka dengan keamanan dan rasa hormat, demikian seperti yang dikutip dari Kantor Berita Iran, IRNA.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement