Ahad 22 Jul 2012 14:21 WIB

Insiden James Mirip Insiden 1999 di Bekas Sekolahnya

Rep: Bambang Noroyono/ Red: Dewi Mardiani
Kawasan bioskop di Colorado, AS, yang menjadi tempat tragedi penembakan saat premier film Batman
Foto: AP
Kawasan bioskop di Colorado, AS, yang menjadi tempat tragedi penembakan saat premier film Batman

REPUBLIKA.CO.ID, COLORADO -- Pelaku penembakan di 16 Century Teater Colorodo, James Eagan, yang menewaskan 12 orang, pernah menjadi mahasiswa kehormatan di Sekolah Tinggi Columbine (STC). Sekolah ini letaknya sekitar 28 kilometer dari aksi 'gila' pada Jumat (20/7) lalu.

Aksi serupa-pun pernah terjadi sekitar 12 tahun lalu di sekolah James, yaitu saat James baru berumur 11 tahun. Peristiwa yang tepatnya terjadi 20 April 1999, juga menewaskan sekitar 12 korban jiwa, dan melukai 21 orang lainnya.

Saat itu, Dylan Klebobold dan Eric Harris, dengan masing-masing mengenakan jubah hitam panjang, bak mafia, lengkap dengan kacamata hitamnya, mengepung tempat belajar mereka. Keduanya lalu memberondong teman-teman sekolahnya saat jam belajar berlangsung, dengan menggunakan senjata laras panjang otomatis yang disimpan di balik jubah mereka.  Setelah menghabisi teman dan seorang guru dalam aksinya, mereka-pun bunuh diri menggunakan senjata yang sama.

STC, Frank De Angelis mencatat terdapat hubungan paralel dari insiden tersebut. Kedua serangan itu, kata dia, memang berjarak waktu yang cukup lama. Namun, memiliki kesamaan dalam kecermatan dan perencanaan, dan persis menampilkan jumlah korban yang tak beda.

Kata dia, sudah terjadi perilaku seragam di masyarakat Amerika, yakni kepanikan yang dialami atas dampak dari suatu peristiwa-peristiwa. Dia mencontohkan seperti serangan yang dilakukan oleh pesawat komersial atas WTC, yang membuat masyarakat merasa 'ngeri' untuk menggunakan pesawat.

"Sebagai masyarakat, kami semua terperangah atas apa yang terjadi di sini. Dan tidak tahu atas semua pertanyaan tentang penyebabnya." kata dia, seperti dilansir AFP dan denverpost.com Sabtu (21/7).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement