Senin 13 Aug 2012 12:27 WIB

Polandia dan Swiss Siap Bantu Korban Gempa Iran

Rep: Gita Amanda/ Red: Hafidz Muftisany
Seorang tenaga medis memeriksa korban luka akibat gempa di Ahar, Iran, pada Sabtu (11/8).
Foto: Reuters/Kamel Rouhi/Fars News Agency
Seorang tenaga medis memeriksa korban luka akibat gempa di Ahar, Iran, pada Sabtu (11/8).

REPUBLIKA.CO.ID,WARSAWA-- Polandia dan Swiss menyatakan ungkapan belasungkawa mendalam atas dua gempa kuat yang melanda Iran. Kedua negara menyatakan kesediaannya membantu para korban gempa.

Menteri Luar Negeri Polandia Radoslaw Sirkorski menyampaikan pesan tersebut pada rekan Irannya Ali Akbar Salehi pada Ahad lalu. Ia menyatakan rasa simpatinya pada keluarga korban. Ia juga menyuarakan kesiapan Warsawa membantu para korban.

Di hari yang sama, Deputi Duta Besar Swiss untuk Teheran juga mengumumkan kesiapan Swiss mengirim kargo bantuan kemanusiaan. Bantuan tersebut untuk meringankan penderitaan para korban yang dilanda gempa.

Sebelumnya diberitakan sebuah gempa berkekuatan 6,4 skala Richter melanda kota Ahar dekat ibukota provinsi Tabriz. Kemudian gempa lain berkekuatan 6,3 skala Richter mengguncang kabupaten Varzaqan dan Haris, sekitar 11 menit dari Ahar.

Sedikitnya 250 orang tewas dan lebih dari 2000 lainnya luka-luka akibat bencana tersebut. Sementara dua belas desa di Varzaqan hancur total akibat gempa, dan sekitar 60 lainnya hancur sebagian.

sumber : press tv
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement