Kamis 23 Aug 2012 12:41 WIB

Buku Penggrebekan Usamah Bin Laden Segera Terbit

Rep: Adi Wicaksono/ Red: Djibril Muhammad
Usamah bin Ladin
Foto: abcnews.com
Usamah bin Ladin

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON - Buku tentang kisah operasi penggrebekan Usamah bin Ladin segera terbit. Buku berjudul 'No Easy Day' itu dijadwalkan akan diluncurkan bertepatan dengan peringatan peristiwa serangan gedung World Trade Center (WTC) pada 11 September mendatang.

Buku tersebut ditulis seorang anggota tim 6 pasukan Navy SEAL AS yang melakukan operasi penangkapan Usamah bin Ladin pada 2 Mei 2011. Sang penulis menggunakan nama samaran Mark Owen dengan alasan keamanan.

Sang penulis adalah salah satu pimpinan operasi yang pada penggerebekan tersebut berakhir dengan tewasnya teroris paling dicari AS itu. Dalam buku tersebut, Owen menceritakan adegan demi adegan operasi penggrebekan Bin Laden di Abbottabad, Pakistan.

Ia juga menceritakan masa kecilnya di Alaska, saat ia menjalani masa-masa persiapan yang berat untuk menjadi anggota SEAL. Dalam buku itu, ia juga menyinggung pengalaman 13 kali pertempuran bersama SEAL sebelum pensiun tahun lalu.

Dalam operasi penggrebekan berkode 'Operation Neptune Star' itu, Owen termasuk dalam kelompok pertama yang mendobrak pintu lantai tiga gedung tempat persembunyian Usamah bin Ladin. Owen juga mengklaim menyaksikan langsung detik-detik kematian Usamah bin Ladin.

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement