Selasa 29 Jan 2013 05:47 WIB

Rusia Mengaku tak Pernah Dukung Assad, Lho?

Menlu Rusia, Sergei Lavrov berbicara dalam konferensi pers di KTT APEC, Vladivostok, Rusia.
Foto: AP
Menlu Rusia, Sergei Lavrov berbicara dalam konferensi pers di KTT APEC, Vladivostok, Rusia.

REPUBLIKA.CO.ID, Menteri Luar Negeri Rusia, Sergei Lavrov mengatakan kepada wartawan hari Senin (28/1) di Moskow bahwa Rusia tidak mendukung salah satu pihak dalam konflik di Suriah, dan mengecam negara-negara lain yang menyalahtafsirkan posisi Rusia.

Pernyataan itu dikeluarkan sehari setelah PM Dmitry Medvedev mengatakan, Assad melakukan kesalahan hampir fatal dengan menunda reformasi demokrasi yang dituntut oposisi. Ditegaskan, Assad seharusnya bertindak lebih cepat merangkul lawan-lawan politiknya yang moderat, dan bahwa peluang Assad untuk mempertahankan kekuasaan kian hari kian kecil.

Rusia sejak lama menjadi pemasok senjata untuk keluarga Assad, dan telah beberapa kali memveto resolusi Dewan Keamanan PBB yang mengutuk Assad karena menindas pergolakan pro-demokrasi yang tadinya damai.

Juga hari Senin para anggota oposisi Suriah bertemu dengan wakil negara-negara yang mendukung mereka, dimana Menteri Luar Negeri Perancis Laurent Fabius menyerukan agar oposisi diberi sarana untuk mempertahankan diri dan mendukung tujuan politiknya. 

sumber : voaindonesia
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement