Rabu 27 Mar 2013 07:13 WIB

SBY Harap Kerangka MDGs Bisa Selesai di Bali

Rep: Esthi Maharani/ Red: Dewi Mardiani
Presiden SBY
Presiden SBY

REPUBLIKA.CO.ID, NUSA DUA -- Panel tingkat tinggi tentang agenda pembangunan setelah tahun 2015 digelar, Rabu (27/3). Indonesia menjadi tuan rumah ketiga. Panel di Bali ini menjadi diskusi terakhir sebelum hasilnya diserahkan ke PBB pada Mei mendatang.

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) sempat mengharapkan agar diskusi yang berlangsung bisa berjalan baik dan menghasilkan kerangka kerja untuk menggantikan MDGs yang berakhir 2015. “Saya cukup yakin diskusi-diskusi yang telah digelar sebelumnya di New York, London, dan Monrovia bisa diselesaikan di Bali sebelum diserahkan ke sekretris jenderal PBB,” katanya, semalam.

Ia mengatakan panelis yang terdiri dari Presiden Indonesia, Susilo Bambang Yudhoyono; Perdana Menteri Inggris, David Cameron; dan Presiden Liberia, Ellen Johnson Sirleaf sudah bekerja keras dalam kurun waktu enam bulan belakangan untuk menciptakan kerangka kerja yang tepat.

“Sekarang, di Bali, kita akan mendiskusikan hal yang penting yang menjadi bagian dari tantangan kita, yakni persoalan kemitraan global dan implementasinya,” katanya. Ia juga mengatakan pekerjaan untuk merumuskan pembangunan pasca 2015 tidak mudah dan cenderung kompleks.

Ia menyakini ketika kerangka kerja itu telah selesai dan diimplementasikan, manfaatnya bisa dirasakan oleh masyarakat dunia. “Ini akan menjadi sesuatu yang positif dan berguna bagi generasi mendatang,” katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement