Sabtu 27 Apr 2013 22:15 WIB

Ini Daftar Hadiah yang Diterima Obama

Presiden Amerika Serikat Barack Obama
Foto: AP/Paul Sancya
Presiden Amerika Serikat Barack Obama

REPUBLIKA.CO.ID,WASHINGTON -- Ini perlu dicontoh Pemerintah Indonesia. Belum lama ini, Pemerintah AS merilis hadiah yang diterima oleh Presiden Barack Obama.  Diantaranya adalah satu set perangkat minum teh Cina, sebuah karpet elang dan mainan anjing.

Seperti dikutip BBC, mantan Presiden Prancis Nicolas Sarkozy dalam laporan tersebut diketahui memberikan serangkaian barang mewah senilai US$ 41.676 atau sekitar Rp 400 juta lebih. Ratu Elizabeth II memberi Obama sebuah buku bersampul kulit merah berjudul Seleksi Makalah Dari Pusat Data Kerajaan 1834-1897, dia juga memberikan bros daun emas dan bunga karang untuk Michelle Obama.

Sementara Pangeran Charles memberi Obama seperangkat minuman teh Cina. PM Inggris Cameron memberi keluarga Obama sebuah karpet besar bergambar elang dan bendera Amerika desain perusahaan karpet Rug Company, gelang perak untuk dua anak Obama Sasha dan Malia, dan sebuah ''mainan kunyah berbentuk tulang dengan bendera Inggris'', kemungkinan untuk Bo, anjing peliharaan keluarga Obama. Hadiah dari keluarga kerajaan dan Cameron ini senilai US$ 7.137 atau sekitar Rp69 juta.

Sementara PM Kanada Stephen Harper memberi Obama sebuah bola yang ditandatangani oleh para pemain bola basket klub Toronto Raptors, serta sebuah ''peta antik abad 19 Amerika Utara dengan bingkai emas, dikelilingi dengan gambar suku Indian Amerika Utara''.

Mantan Presiden Prancis Nicolas Sarkozy diketahui memberikan keluarga Obama hadiah dalam beberapa kesempatan di tahun 2011, diantaranya adalah sebuah gelas dengan ukiran Bucephalus -kuda Alexander Agung - , beberapa tas golf Hermes dan sebuah koin cinderamata senilai 200 euro. Istri Sarkozy, Bruni memberi Ibu Negara Michelle Obama satu set lampu meja kristal Baccarat.

Pemimpin lain yang mengetahui bahwa presiden AS itu gemar olahraga juga memberikan Obama sejumlah alat olahraga. Kanselir Jerman Angela Merkel misalnya, dia memberi Obama satu set perlengkapan golf Kramski buatan Jerman.

Hadiah termahal yang diterima Obama adalah sebuah topeng ukir biru yang diberikan oleh Presiden Gabon Ali Bongo Ondimba, dengan perkiraan harga mencapai US$ 52.695 atau sekitar 511 juta rupiah lebih.

Sedangkan sejumlah hadiah lainnya terkesan lebih pada kebanggan diri para pemimpin negara. Seperti mantan Presiden Korsel Lee Myung-Bak yang memberi buku autobiografi dirinya sendiri dengan judul, The Uncharted Path, termasuk Presiden Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono yang menghadiahi Obama sebuah buku fotografi karya istrinya, Ani Yudhoyono.

Lalu, apakah semua hadiah tersebut disimpan oleh Obama ?, ternyata tidak, karena sudah menjadi kebiasan pejabat tinggi di AS, mereka jarang menyimpan sendiri hadiah-hadiah yang diterima. Hadiah-hadiah tersebut biasanya disimpan di Pusat Data Nasional AS. Bagaimana dengan Presiden SBY?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement