Jumat 24 May 2013 21:36 WIB

Sikap RI Berubah Soal Korut

Minister of Foreign Affairs Marty Natalegawa
Foto: Antara/Suwandy
Minister of Foreign Affairs Marty Natalegawa

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Menteri Luar Negeri Marty Natalegawa menyatakan sikap Indonesia terkait tindakan Korea Utara sudah jelas yaitu mendukung resolusi Dewan Hak Asasi Manusia (HAM) PBB.

"Indonesia dalam resolusi mengenai Korut di bidang HAM sekarang sikapnya sudah berubah, dari sebelumnya kita abstain sekarang mendukung," kata Marty saat ditemui di Jakarta, Jumat (24/5).

Menurut Marty, sikap tersebut berarti Indonesia sudah menyesuaikan posisi untuk mendukung resolusi Dewan HAM PBB mengenai Korut."Maka tidak benar kalau kita diminta tegas, tegas macam apa lagi, karena kita sudah mendukung itu," ujar Marty.

Marty menjelaskan, permasalahan Korut memiliki berbagai dimensi, seperti kemanusiaan yang menyangkut hubungan antara kedua negara Korea, Selatan dan Utara."Ada juga dimensi keamanan, mengenai pelenggaran HAM dan sebagainya," ujar dia.

Sebelumnya, dalam siaran pers bersama Komisi untuk Orang Hilang dan Korban Tindak Kekerasan (KontraS) dengan North Korean Human Rights (NKHR) mendesak peran Republik Indonesia untuk mendorong penyelesaian permasalahan HAM di Korut.

KontraS-NKHR juga mendesak pemerintah Indonesia untuk turut mendorong Korut menghentikan pelanggaran HAM berat yang terjadi serta tidak lagi menutupinya.Peran Indonesia sebagai negara yang mengedepankan HAM dalam berbagai kebijakan luar negerinya dinilai cukup penting bagi kemajuan HAM Korea Utara.

Untuk itu, pemerintah Indonesia didorong untuk dapat menggunakan posisinya secara bijak untuk kepentingan kemanusiaan yang sekarang terjadi di Korea Utara.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement