Ahad 26 May 2013 13:26 WIB

Jepang: Tiga Kapal Cina Masuki Perairan Sengketa

Pulau Sengketa
Pulau Sengketa

REPUBLIKA.CO.ID, TOKYO -- Tiga kapal pemerintah China, Ahad, memasuki perairan di sekitar kepulauan yang disengketakan yang dikuasai Jepang, kata pihak penjaga pantai Jepang.

Kapal-kapal pengawas maritim China terlihat berada di dalam zona 12 mil laut lepas pantai Kepulauan Senkaku, yang Cina namakan Diaoyu, di Laut China Timur segera setelah pukul 10.00 waktu setempat (08.00 WIB), kata penjaga pantai.

Perairan wilayah membentang sampai 12 mil laut dari garis pantai berdasarkan hukum internasional. Tindakan itu merupakan terakhir dalam sengketa garis pantai yang panjang antara kapal-kapal resmi dari kedua negara sementara Beijing ada Tokyo bertikai menyangkut kepemilikan kepulauan yang kaya sumber alam dan penting daru segi strategi.

Sengketa wilayah yang berlangsung selama empat dasa warsa meningkat September ketika Tokyo menasionalisasi tiga pulau di gugusan itu, dalam apa yang disebutnya adalah perubahan administratif kepemilikan.

Tindakan pemerintah pusat itu bertujuan untuk mendahului pembelian pulau[-pulau itu oleh pemerintah kota Tokyo yang dipimpin oleh gubernur nasionalis Shintaro Ishihara saat itu.

Tindakan Tokyo itu memicu kemarahan dengan demonstrasi-demonstrasi anti-Jepang di seluruh China, yang meningkatkan klaimnya atas kepulauan yang katanya harus "dikembalikan" setelah Perang Dunia II.

sumber : Antara/ AFP
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement