Selasa 28 May 2013 19:39 WIB

Ribuan Warga Cile dan Argentina Dievakuasi

Rep: Nur Aini/ Red: Dewi Mardiani
Gempa di Chile tahun lalu
Foto: AP
Gempa di Chile tahun lalu

REPUBLIKA.CO.ID, BARILOCHE -- Pemerintah Cile dan Argentina memerintahkan evakuasi sekitar 3.000 warga yang tinggal di dekat gunung api Copahue di selatan perbatasan kedua negara.

Otoritas kedua negara mengeluarkan peringatan tertinggi karena gunung tersebut bisa meletus sewaktu-waktu. Gunung dengan ketinggian 2.965 meter tersebut berada di Pegunungan Andes dan sejauh ini sudah mengeluarkan gas. Ribuan gempa tremor juga tercatat di wilayah tersebut.

"Peringatan lampu merah telah dikeluarkan setelah pengawasan aktivitas gunung api dan terlihat peningkatan aktivitas seismik. Ada risiko gunung itu mulai meletus," ujar Menteri Dalam Negeri Cile, Andreas Chawich dilansir BBC.

Berdasarkan kantor darurat Cile, evakuasi akan dilakukan bagi 460 keluarga yang tinggal sejauh radius 25 kilometer dari Copahue. Evakuasi diperkirakan bisa dilakukan dalam 48 jam tapi bisa terlambat karena hujan deras. Di Argentina, otoritas mengumumkan peringatan lampu kuning. Namun, kemudian direvisi ke peringatan tertinggi. Mereka memerintahkan evakuasi terhadap 600 orang dari kota Caviahue hingga kota Loncopue.

Desember lalu, Cile mengeluarkan peringatan tertinggi setelah Copahue, salah satu gunung api paling aktif di wilayah tersebut, mulai mengeluarkan abu dan gas dengan asap membumbung setinggi 1,5 km. Warga terdekat dievakuasi sementara dan penerbangan diperingatkan untuk menghindari wilayah tersebut. Ratusan penerbangan dibatalkan tahun lalu karena erupsi gunung api lain di selatan Cile.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement